Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

Gara-gara Stres jadi Doyan Makan, Ini 5 Cara Menyiasatinya

Rona tips kesehatan stres
Kumara Anggita • 26 Agustus 2020 17:20
Jakarta: Pandemi Covid-19 membuat orang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Tak ayal, stres pun bisa saja muncul.
 
Ada beberapa cara yang dihadapi seseorang ketika mengalami stres. Salah satunya dengan banyak makan. Bila kamu salah satu dari ciri tersebut, maka kamu bisa mengubahnya dengan sejumlah tips berikut ini:

1. Periksa diri sendiri

Dikutip dari Healthline, salah satu cara paling membantu untuk mencegah makan berlebihan adalah, dengan memahami mengapa hal itu terjadi sejak awal. Ada banyak alasan mengapa kamu mungkin terpaksa makan berlebihan, termasuk stres atau bosan.
 
Penting untuk menentukan apakah kamu makan karena lapar dan butuh makanan, atau apakah ada alasan lain. Sebelum makan, beri perhatian khusus pada apa yang kamu rasakan, seperti stres, bosan, kesepian, atau cemas. Hanya dengan berhenti sejenak dan mengevaluasi situasi dapat membantumu untuk menghentikan kebiasaan ini.

2. Jauhkan godaan

Lihatlah apakah di sekitarmu ada makanan yang terpapar. Daya tarik visual ini dapat menyebabkan makan berlebihan walaupun waktu itu kamu tidak lapar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan visual terhadap makanan berkalori tinggi merangsang striatum, bagian otakmu yang memodulasi kontrol impuls, yang dapat menyebabkan peningkatan keinginan makan.
 
Untuk alasan ini, yang terbaik adalah menyimpan makanan yang sangat menggoda. Termasuk makanan manis yang dipanggang, permen, keripik gurih, dan kue. Untuk itu jauhkan pandanganmu, dengan menyimpan makanan tersebut di dapur lemari.

3. Selalu terhidrasi

Terjebak di rumah memberikanmu lebih banyak waktu untuk fokus pada kebiasaan sehat, termasuk minum yang cukup. Menjaga hidrasi yang tepat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantumu mencegah makan berlebihan terkait stres.
 
Faktanya, penelitian telah menemukan hubungan antara dehidrasi kronis dan peningkatan risiko obesitas. Untuk mengatasi dehidrasi, tambahkan beberapa potong buah segar ke dalam air untuk membuat rasa air lebih enak. Cara ini dapat membantu kamu minum lebih banyak air sepanjang hari tanpa menambahkan gula atau kalori dalam jumlah yang signifikan.

4. Masak

Memakan masakan sendiri telah terbukti meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sebagai contoh, sebuah penelitian pada 11.396 orang menemukan bahwa makan makanan rumahan lebih sering dikaitkan dengan asupan buah dan sayuran yang lebih banyak.
 
Selain itu, ditemukan bahwa orang yang makan makanan rumahan lebih dari 5 kali per minggu memiliki risiko lebih kecil untuk obesitas hingga 28 persen, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi makanan rumahan kurang dari 3 kali.

5. Bergerak

Terjebak di rumah dapat membuatmu jadi jarang bergerak. Sheingga menyebabkan kebosanan, stres, dan peningkatan frekuensi ngemil. Untuk mengatasi hal ini, luangkan waktu untuk aktivitas fisik harian.
 
Jika kamu merasa tersesat karena gym atau studio olahraga favoritmu tutup, cobalah sesuatu yang baru seperti olahraga di rumah dengan menonton YouTube, berjalan-jalan di alam, atau sekadar berjalan-jalan atau jogging di sekitar rumahmu.
 
Penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Sehingga dapat mengurangi kemungkinan stres makan.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif