Vitamin diperlukan tubuh seiring kita menua dan cara terbaik untuk mendapatkan vitamin dan nutrisi lain yang Anda butuhkan ialah dari makanan. (Ilustrasi/Pexels)
Vitamin diperlukan tubuh seiring kita menua dan cara terbaik untuk mendapatkan vitamin dan nutrisi lain yang Anda butuhkan ialah dari makanan. (Ilustrasi/Pexels)

Vitamin yang Sangat Diperlukan Seiring Kita Menua

Rona tips kesehatan nutrisi vitamin
Sunnaholomi Halakrispen • 23 Mei 2020 07:02
Jakarta: Vitamin diperlukan tubuh seiring kita menua dan cara terbaik untuk mendapatkan vitamin dan nutrisi lain yang Anda butuhkan ialah dari makanan. Namun, banyak orang yang berusia tua mengalami kesulitan dalam menjalankan diet sehat.
 
Mungkin ada banyak alasan, seperti kurangnya nafsu makan, ada masalah saat mengunyah, atau ada masalah keuangan. Bisa juga karena kesulitan menemukan makanan sehat atau sulitnya menemukan makanan sehat.
 
Suplemen bisa menjadi pilihan. Sebagai bagian dari rencana yang Anda dan dokter Anda buat, suplemen dapat mengisi kekosongan dalam diet sehat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tetapi, tidak selalu menjadi jawabannya atas target pola hidup sehat Anda. Sebab, setiap suplemen memiliki keunggulan masing-masing. Konsumsi vitamin A misalnya, penting untuk kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh.
 
"Vitamin A adalah vitamin yang kontroversial karena Anda bisa mendapatkan racun darinya," ujar Ronni Chernoff, PhD, direktur asosiasi Kolaboratif Pendidikan Geriatric Arkansas, dikutip dari WebMD.
 
Terlalu banyak mengonsumsi vitamin A dapat menyebabkan mual, sakit kepala, pusing, dan gejala lainnya. Chernoff menyatakan bahwa orang yang berusia tua biasanya lebih membutuhkan konsumsi suplemen, namun tidak dalam jumlah yang banyak.
 
"Jika Anda mengonsumsi vitamin yang dirancang untuk menjadi suplemen sekali sehari, tidak apa-apa. Tapi Anda tidak butuh mengonsumsi lima suplemen dalam sehari," tuturnya.
 
Maka sebelum mengonsumsinya, Anda perlu berbicara dengan dokter untuk memutuskan suplemen yang Anda butuhkan. Anda bisa memilih suplemen lengkap yang menyediakan 100 persen dari jumlah vitamin dan mineral yang disarankan dokter Anda.
 
Namun, berhati-hatilah saat Anda minum lebih dari satu suplemen dan menggunakan suplemen sebagai pengganti obat. Kemudian, berhati-hati juga saat mengonsumsi berbarengan dengan obat dokter atau obat yang dijual bebas. 
 
Sementara itu, orang dewasa yang lebih tua memiliki kebutuhan yang berbeda dalam hal vitamin dan mineral. Misalnya, jumlah kalsium yang tepat dapat membantu menangkal osteoporosis pada wanita tua. Kemudian, Vitamin D yang membantu tubuh Anda menyerap dan menggunakan kalsium, serta membantu mencegah pengeroposan tulang dan patah tulang pada orang lanjut usia.
 
Terkadang sulit untuk mengetahui dengan tepat apa yang Anda butuhkan. Tetapi jika Anda menjalankan diet seimbang, kondisi kesehatan Anda mungkin akan baik-baik saja. Jika Anda masih khawatir, Robin Foroutan selaku ahli gizi dari New York menyarankan Anda untuk segera konsultasi dengan dokter.
 
Sebelum Anda pergi ke toko, perlu diketahui bahwa istilah suplemen tidak hanya mencakup vitamin dan mineral. Akan tetapi, juga mencakup herbal dan tumbuhan lainnya, asam amino, enzim, dan hal-hal lainnya. Beberapa suplemen juga disebut dengan produk khusus seperti probiotik atau minyak ikan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif