NEWSTICKER
Cinta hadir dalam berbagai bentuk. Berikut selengkapnya. (Foto: Pexels.com)
Cinta hadir dalam berbagai bentuk. Berikut selengkapnya. (Foto: Pexels.com)

Cinta Hadir dalam Berbagai Bentuk

Rona romansa psikologi
Kumara Anggita • 17 Februari 2020 10:00
Jakarta: Cinta adalah sesuatu yang memberi kebahagiaan pada setiap orang. Dan kebahagiaan itu tak melulu hadir dalam bentuk yang hebat di mata seperti hadiah mewah, kekasih yang mapan, keluarga yang sukses melainkan dalam bentuk yang paling sederhana dan begitu personal. 
 
Ketika masyarakat berfokus menciptakan cinta dengan konsep yang seperti itu, maka di situlah banyak orang jadi merasa sendiri dan tidak bahagia. Suara hati harus ditidurkan demi memuaskan standarisasi yang masyarakat sepakat ciptakan.
 
Lihat saja misalnya di Lingkaran Amy, seorang gadis 25 tahun yang bekerja sebagai Content Creator di perusahaan e-commerce Jakarta. Setiap orang di sekelilingnya termasuk dirinya sendiri memiliki jalan hidup yang berbeda dan kebutuhan yang berbeda pula terhadap cinta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dimulai dari Amy yang hidup sendiri bersama kedua anjingnya. Nampaknya dari luar dia merasa sepi namun sesungguhnya dia tak pernah merasa sendiri dibandingkan teman sekantornya yang selalu berkonflik dengan pasangannya perihal hal-hal sepele. Dia sungguh bahagia dengan kehidupannya terlihat dari pancaran matanya yang menyala ketika tahu peliharaannya ini melahirkan empat ekor puppies yang menggemaskan. 
 
Berbagi ruangan dan penghasilan untuk tambahan empat anggota keluarga baru saat itu jadi tak terasa sebagai sebuah pengorbanan melainakan sumber kenyamanan.
 
Ambil kisah lainnya misalnya si John, orang yang begitu pekerja keras sampai-sampai penghasilannya paling tinggi dibandingkan teman-teman seangkatan kuliahnya. Pekerjaannya memang begitu melelahkan dan terkadang dia merasa bahwa sampai kapan dia akan meneruskannya. 
 
Namun sepulangnya dia dari tempat kerja, dia menyempatkan diri untuk ke mal membeli makanan kesukaannya, baju, dan juga skin care. Lelahnya seakan tak terasa lagi karena dia bisa menikmati harinya dengan barang-barang kesuakaannya.
 
Cinta adalah pengalaman yang kerap kali digeneralisasi oleh setiap orang namun sesungguhnya dirasakan setiap individu secaea berbeda. Apa yang dibutuhkan Amy dan John bisa berbeda. Apa yang paling menyenangkan Si A belum tentu menyenangkan Si B. Hal sederhana yang mampu menyentuh hati, itulah yang dinamakan cinta.
 
Oleh karena itu, berikan ruang pada orang untuk memilih dan menikmati apa yang membuat mereka nyaman. Apa yang kita anggap adalah yang seharusnya mereka terima belum tentu apa yang sesungguhnya hati mereka butuhkan.

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif