Salah satu cara dalam membersihkan kuping ialah dengan menggunakan cotton bud. Namun, ternyata bisa berbahaya. (Ilustrasi/Pexels)
Salah satu cara dalam membersihkan kuping ialah dengan menggunakan cotton bud. Namun, ternyata bisa berbahaya. (Ilustrasi/Pexels)

Bahaya Penggunaan Cotton Bud Terlalu Sering

Rona kesehatan telinga
Sunnaholomi Halakrispen • 28 Maret 2020 18:04
Jakarta: Kuping yang kotor membuat ketidaknyamanan. Salah satu cara dalam membersihkan kuping ialah dengan menggunakan cotton bud. Namun, ternyata bisa berbahaya.
 
Solusi terbaik justru membiarkannya, karena kotoran telinga bisa keluar sendiri. Hal tersebut dinyatakan oleh Dr. dr. Fikri Mirza Putranto, Sp.THT-KL(K) dari PP PERHATI KL (Pengurus pusat perhimpunan dokter spesialis telinga hidung tenggorok bedah kepala leher indonesia).
 
"Kelenjar serumen itu bahan alamiah di tubuh untuk pertahanan pada bakteri dan kuman. Serumen aktif jika ditekan," ujar Dr. Fikri di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apabila makin sering dikorek, maka semakin aktif. Sebagian serumen akan terdorong ke dalam dan kemampuan untuk bersih sendiri akan hilang. Risiko lainnya ketika sering membersihkan telinga terlalu dalam dan sering, akan ada luka bakar ringan di dinding telinga. 
 
Lalu, bagaimana kotoran telinga bisa keluar sendiri? Dr. Fikri menjelaskan bahwa ketika berbicara, sendi rahang akan bergerak. Itu proses gerakan yang membuang kotoran. 
 
"Komposisinya kelenjar minyak, jadi akan keluar dalam bentuk cairan. Kecuali pada orang yang jenis kotorannya kering atau produksi minyaknya sedikit, cairan itu sulit keluarnya," jelasnya.
 
"Jadi tubuh tidak perlu korek telinga karena akan mendorong sebagian serumen ke dalam. Kalau gatal itu karena terbiasa mengorek, sehingga ada sensasi nyeri di telinga," tambahnya.
 
Jika kuping Anda sering terasa gatal, saatnya Anda konsultasi ke dokter THT (telinga, hidung, tenggorokan). Pergi ke dokter tergantung pada kondisi masing-masing orang. Apabila masih bisa self klinsing, lakukan pembersihan di rumah.
 
Ia menekankan, pembersihan mandiri pun tidak semata-mata menggunakan cutton bud pada bagian dalam kuping hingga keluar semua kotoran kuping. Akan tetapi, hanya bagian luar atau daun telinga saja yang dibersihkan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif