Semakin besar pinggang Anda maka semakin besar kemungkinan memiliki banyak lemak di area sana. (Foto:Ilustrasi: Rawpixels/Pexels)
Semakin besar pinggang Anda maka semakin besar kemungkinan memiliki banyak lemak di area sana. (Foto:Ilustrasi: Rawpixels/Pexels)

Ukuran Pinggang Diyakini Memengaruhi Kesehatan

Rona tips kesehatan
Sunnaholomi Halakrispen • 12 November 2019 15:09
Jakarta: Ukuran pinggang diyakini merupakan 'tongkat pengukur' yang mudah untuk mengetahui kesehatan. Selain itu, ukuran pinggang juga bisa membantu memperkirakan jenis lemak yang disebut visceral, yang terbentuk jauh di dalam area perut dan di sekitar organ.
 
Dilansir dari WebMD, Secara umum, semakin besar pinggang Anda maka semakin besar kemungkinan memiliki banyak lemak di area sana. Lemak visceral bisa lebih buruk dari pada lemak lain di sekitar tubuh dan membuat Anda lebih rentan terkena sejumlah penyakit serius.
 
Terkait lemak visceral, saat rusak terkadang memasukkan terlalu banyak asam lemak ke dalam darah, selanjutnya meningkatkan peluang Anda terkena penyakit jantung, Alzheimer, dan kolesterol tinggi. Ini juga bisa membuat tubuh Anda lebih kebal terhadap insulin, yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2 atau pra-diabetes.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, protein dari lemak visceral dapat mengobarkan jaringan tubuh dan mempersempit pembuluh darah. Kondisi ini dapat meningkatkan tekanan darah Anda.
 
Namun, perlu diingat bahwa setiap orang berbeda, tetapi ada pedoman umum tentang pinggang. Pada wanita, sebesar 35 inci atau lebih biasanya merupakan tanda lemak visceral. Sedangkan pria, sebesar 40 inci.
 
Angka-angka tersebut mungkin sedikit lebih tinggi jika tubuh Anda secara alami sangat besar. Mereka lebih rendah untuk orang-orang dengan latar belakang Asia, yakni sebesar 31,5 inci untuk wanita dan 35,5 inci untuk pria. Segera bicarakan dengan dokter untuk memastikan ukuran baik pinggang Anda.
 
Salah satu cara untuk memeriksa kesehatan lingkar pinggang ialah membagi jarak di sekitar pinggang dengan jarak di sekitar pinggul Anda. Patokan ukurannya, jika lebih tinggi dari 0,85 inci untuk wanita dan 0,95 inci untuk pria dapat berarti kesehatan Anda berisiko.
 
Beberapa dokter lebih suka rasio pinggang-pinggul dari pada pengukuran pinggang sederhana. Tetapi, penelitian menunjukkan kedua pendekatan sama-sama baik dalam memprediksi masalah kesehatan.
 
Sementara itu, Indeks massa tubuh (BMI) adalah ukuran lain dari lemak visceral yang terkumpul di sekitar bagian tengah tubuh Anda. Alat online akan menghitung jumlahnya untuk Anda jika Anda memasukkan tinggi dan berat badan.
 
Kisaran normalnya, dari 18,5 di sisi yang lebih tipis ke 24,5 di sisi yang lebih berat. Para peneliti mengatakan orang Asia-Amerika harus mengunjungi dokter mereka jika mereka memiliki BMI 23 atau lebih tinggi, karena mereka mungkin memiliki terlalu banyak lemak visceral pada kisaran BMI yang lebih rendah.
 
Perlu diingat bahwa akurasi itu penting. Berdirilah dengan pita pengukur. Pastikan pita tetap lurus saat Anda mengukur di pinggang dan di atas tulang pinggul Anda, sejajar dengan pusar. Anda harus rileks dan melakukan pengukuran tepat setelah Anda bernapas, bukan setelah Anda bernapas.
 
Olahraga bisa menjadi solusi paling tepat untuk membakar lemak visceral sekaligus membentuk otot. Tidak butuh banyak gerakan, bahkan bisa memanfaatkan anjing peliharaan untuk berjalan-jalan cepat. Bisa juga dengan naik sepeda.
 
Tiga puluh menit melakukan aktivitas fisik sehari dalam seminggu akan berhasil mendapatkan manfaat baik. Lakukan latihan pembentukan otot dengan sejumlah beban, push-up, atau yoga untuk meningkatkan pembakaran lemak saat istirahat.
 
Namun, periksakan ke dokter terlebih dahulu apabila Anda mengalami kondisi tertentu. Misalnya, jika Anda terlalu lama belum banyak aktif dalam bergerak atau melakukan altivitas fisik, apalagi jika Anda berusia lansia, atau memiliki masalah kesehatan yang serius.
 

 
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif