Benarkah Orang Berkacamata Memang Lebih Pintar?

Sri Yanti Nainggolan 31 Mei 2018 10:58 WIB
studi kesehatan
Benarkah Orang Berkacamata Memang Lebih Pintar?
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Penampilan memberi pengaruh terhadap kesan seseorang. Misalnya, kacamata konon membuat orang terlihat lebih pintar. Faktanya, sebuah studi memang menemukan korelasi antara kondisi mata yang buruk dengan tingkat kepandaian yang lebih tinggi. 

Para peneliti dari University of Edinburgh melakukan penelitian ekstensif untuk menyelidiki bagaimana sifat turun-temurun individu dapat memengaruhi fungsi kognitif mereka.

Tim tersebut menganalisa data dari 300.486 orang berusia antara 16 hingga 102 tahun  yang telah dikumpulkan oleh Inggris Biobank dan konsorsium Charge dan Cogent.


Mereka mampu mengidentifikasi 148 lokus genetik independen yang berkaitan dengan kemampuan kognitif, dan menilai apakah berbagai atribut seperti penglihatan, tekanan darah tinggi dan harapan hidup; mempengaruhi kecerdasan.

Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Nature Communications tersebut menyimpulkan bahwa 30 persen peserta yang mengenakan kacamata memiliki kecerdasan yang tinggi

Fungsi kognitif yang lebih besar dikaitkan dengan beberapa manfaat seperti umur panjang, penurunan risiko kanker paru-paru, kesehatan kardiovaskular, serta mental yang lebih baik.

"Penemuan efek genetik pada hasil kesehatan dan struktur otak ini memberikan landasan untuk menjelajahi mekanisme di mana perbedaan-perbedaan ini mempengaruhi kemampuan berpikir sepanjang hidup," pungkas pemimpin penelitian Dr Gail Davies, dilansir dari Independent.


Lihat video:





(DEV)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id