Dokter Gigi, Dita Firdiana menjelaskan bahwa gigi susu itu tidak penting adalah sebuah mitos. (Ilustrasi/Pexels)
Dokter Gigi, Dita Firdiana menjelaskan bahwa gigi susu itu tidak penting adalah sebuah mitos. (Ilustrasi/Pexels)

Apakah Benar Gigi Susu Tidak Memiliki Peran Penting?

Rona kesehatan gigi
Kumara Anggita • 14 September 2020 10:16
Jakarta: Banyak orang berpikir bahwa gigi susu itu perannya tidak penting karena gigi susu ini akan terganti dengan gigi tetap yang umurnya lama. Kira-kira apakah ini benar ya?
 
Dokter Gigi, Dita Firdiana menjelaskan bahwa gigi susu itu tidak penting adalah sebuah mitos. Ini karena gigi susu juga berperan dalam proses makan seorang anak
 
“Padahal gigi susu ini penting sekali. Salah satunya agar anak nyaman dan enak ketika mengunyah makanan ya. Makan itu salah satu hal penting karena sumber nutrisi anak kita tentu saja yang paling gampang dari makanan yang di makan kan,” ungkap drg. Dita dalam Rompi di Orami Parenting dengan Tema Mitos VS Fakta Seputar Gigi pada Anak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kalau gigi susu tidak dirawat karena tidak penting, lalu gigi anak kita banyak bolongnya, proses makan anak kita jadi terganggu, yang mana akan mengganggu masuknya sumber nutrisi anak ke dalam tubuh,” lanjutnya.
 
Ia juga menambahkan bahwa gigi yang sehat bisa buat anak tampil lebih percaya diri. Kepercayaan diri adalah salah satu hal yang penting dimiliki anak saat mereka mulai bersosialisasi dengan teman-temannya.
 
“Selain itu ketika mulai masuk usia sekolah atau usia bersosialisasi, gigi anak yang jelek juga bisa bikin anak tidak percaya diri,” ujarnya.
 
Dan terakhir, gigi susu juga berperan dalam pelafalan anak berbicara. Ini adalah hal penting untuk proses pemeblajarannya.
 
“Gigi juga berperan pada pelafalan huruf-huruf tertentu ketika anak berbicara atau belajar bicara. Jadi gigi susu itu penting ya,” tutupnya.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif