Ilustrasi kedelai--Pexels
Ilustrasi kedelai--Pexels

Ini Sayuran yang Mengandung Protein

Rona protein
Timi Trieska Dara • 14 Agustus 2019 13:03
Kebanyakan orang harus mendapatkan setidaknya 10 persen kalori harian dari protein. Anda bisa mendapatkan protein dari berbagai makanan, salah satunya dari tempe.
 

Jakarta: Tubuh membutuhkan protein untuk membangun otot dan organ, mengirimkan oksigen ke sel-sel di seluruh tubuh Anda, dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap bekerja. Kebanyakan orang harus mendapatkan setidaknya 10 persen kalori harian dari protein.
 
Seperti dikutip webmd, pria membutuhkan sekitar 56 gram (2.000 kalori per hari), sementara wanita, 46 gram (1.800 kalori per hari).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sumber protein
 
Daging adalah sumber yang baik, tetapi Anda tidak boleh berlebihan, terutama jenis lemak. Ini bisa membuat berat badan Anda bertambah dan menyebabkan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan masalah kesehatan lainnya.
 
Anda juga bisa mendapatkan protein dari makanan lain, seperti yogurt, telur, kacang-kacangan, dan bahkan sayuran. Faktanya, sayuran dapat memberi Anda semua yang Anda butuhkan selama Anda makan berbagai jenis sayuran dalam jumlah yang cukup.
 
1. Kedelai
 
Kukus kedelai dengan apa pun tapi sedikit saja taburan garam untuk camilan yang mengandung protein hingga 22 gram per cangkir. Itu setara dengan sajian 6 ons dada ayam.
 
2. Tempe
 
Tempe dibuat ketika bakteri memakan kedelai, suatu proses yang disebut fermentasi, seperti halnya fermentasi susu untuk membuat keju. Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti daging dalam beberapa resep masakan.
 
Tempe memiliki sekitar 17 gram protein per 3 ons porsi (jauh lebih besar dari sepupunya: tahu). Coba "hamburger" tempe untuk pengganti makanan cepat saji itu sekaligus dapat protein dalam prosesnya.
 
3. Lentil
 
Setengah cangkir lentil yang dimasak mengandung 9 gram protein. Masak lentil dengan bawang karamel dan jamur liar untuk tekstur seperti daging.
 
4. Kacang polong
 
Kacang ini memiliki sekitar 5 gram protein per cangkir. Aduk kacang polong dengan tempe, bawang, dan paprika untuk pesta vegetarian pedas yang mengandung protein.
 
5. Kentang
 
Kentang panggang yang besar mengandung sekitar 8 gram protein. Tetapi perhatikan mentega dan krim asam yang digunakan-mereka bisa menimbun lemak dan kalori.
Cobalah dengan beberapa cabai yang dibuat dengan irisan kalkun giling rendah lemak atau tahu sebagai gantinya. Dan tambahkan banyak kacang ke cabai itu untuk mendapatkan protein yang lebih besar.
 
6. Brokoli Rabe
 
Sayuran ini memiliki lebih dari 3 gram protein per sajian. Tumis dengan bawang putih dan bawang bombai untuk lauk hebat yang cocok dengan apa saja.
 
7. Jamur Putih
 
Secangkir jamur putih yang dimasak mengandung sekitar 3,5 gram protein. Tumis jamur ini dengan irisan bawang putih dan cabai, dan campur dengan pasta untuk suguhan tradisional Italia.
 
8. Jagung
 
Secolek mentega dan taburan garam pada jagung dan Anda memiliki sisi musim panas yang enak. Satu jagung besar memiliki hampir 4 gram protein.
 
7. Artichoke
 
Cara termudah untuk menikmatinya adalah merebus satu kuncup bunga ini dan menaburkannya dengan garam. Anda bisa menyemprotkan sedikit mentega atau minyak zaitun jika suka. Ini sederhana dan lezat dan memiliki sekitar 3,5 gram protein.
 
8. Kubis Brussel
 
Kubis kecil ini mengemas 2 gram protein dalam setiap setengah cangkir. Panggang mereka dengan bawang bombai dan bawang putih dan sedikit minyak zaitun. Anda bahkan bisa menambahkan sedikit bacon untuk rasa dan lebih banyak protein.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif