Ilustrasi-Pixabay
Ilustrasi-Pixabay

5 Tips saat Merasa Kedinginan

Rona tips & trik
Raka Lestari • 14 Januari 2020 11:30
Jakarta: Cuaca dingin terkadang membuat Anda sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Pada kondisi tersebut, biasanya Anda hanya ingin berdiam di rumah sambil berlindung di balik selimut yang hangat.
 
Namun kini ada cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa kembali merasa hangat ketika cuaca dingin. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda merasa hangat ketika cuaca sedang dingin:

1. Fokus kepada napas Anda

Cara Anda bernapas bisa membuat Anda tetap hangat, dan itu tidak hanya sesederhana meniupkan udara di telapak tangan Anda. Terdapat cara menarik. Cara ini dari Tibet yang disebut dengan vase breathing.
 
“Vase breathing merupakan elemen dari dari praktik meditasi g-tummo dari para Yogi Indo-Tibet,” jelas Laura Stix, seorang dokter naturopati dan hipnoterapis klinis di Ontario, Kanada.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Stix menjelaskan cara melakukannya. Yaitu dengan menahan napas dan mengencangkan otot perut dan panggul.

2. Menggunakan pakaian berlapis

Menggunakan pakaian berlapis dapat memerangkap panas dan membantu mencegah keringat (yang membuat Anda merasa lebih dingin).
 
5 Tips saat Merasa Kedinginan
 
U.S Department of Labor’s Occupational Safety and Health Administration mencatat pentingnya berpakaian berlapis-lapis agar tetap aman di cuaca dingin. Mereka menyarankan mengenakan setidaknya tiga lapis pakaian longgar untuk memberikan isolasi yang ideal.

3. Menggunakan selimut berlapis

Untuk tempat tidur yang nyaman, gunakan beberapa selimut untuk membantu memerangkap panas. Sama seperti berpakaian berlapis-lapis, konsep ini bekerja dengan cara yang sama.
 
Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan selimut di kaki. Kemudian kenakan juga kaus kaki dan sandal khusus untuk di rumah.

4. Mengonsumsi makanan berlemak

Jika Anda berencana untuk tinggal di luar untuk waktu yang lama, pilih makanan yang mengandung lemak sebagai 'bahan bakar' tubuh Anda. Setiap kali kita menelan makanan, tubuh kita menghasilkan panas yang meningkat.
 
“Penelitian menunjukkan bahwa penentu terbesar dari efek termogenik makanan adalah kandungan kalorinya. Dan sumber kalori terbanyak biasanya berada dalam bentuk lemak," jelas Stix.

5. Minum sesuatu yang hangat

Minuman wedang jahe atau mengonsumsi sup panas akan membuat Anda merasa lebih hangat. Meskipun sifatnya hanya sementara.
 
“Reseptor di belakang tenggorokan akan merasakan cairan panas dan memicu tubuh untuk sedikit berkeringat,” kata Stix.
 
Selain itu, Stix menjelaskan bahwa memegang cangkir hangat di tangan Anda akan menghangatkan telapak tangan dan jari-jari Anda juga.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif