NEWSTICKER
Membuka freezer kulkas dapat menurunkan suhu optimal penyimpanan ASIP beku. Hindari membukan terlalu sering. Buka jika Anda butuhkan saja. (Foto: Pexels.com)
Membuka freezer kulkas dapat menurunkan suhu optimal penyimpanan ASIP beku. Hindari membukan terlalu sering. Buka jika Anda butuhkan saja. (Foto: Pexels.com)

Tips Menjaga ASI Perah Saat Mati Lampu

Rona tips menyimpan asi perah
Raka Lestari • 05 Agustus 2019 15:53
Mati lampu bisa membuat Anda kesal. Terutama jika Anda sedang memberikan ASI dan ASIP. Mati lampu berjam-jam bisa membuat Anda bingung. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan menyediakan dry ice. Dry ice biasanya dapat dengan mudah ditemukan di pasaran atau supermarket. Baca aturannya sebelum menggunakannya.
 

 
Jakarta: Mati lampu merupakan situasi yang kurang menyenangkan. Terutama jika Anda adalah seorang ibu yang masih aktif menyusui, mati lampu bisa menjadi hal yang membuat stres. Menyimpan stok ASI Perah (ASIP) tentunya akan menjadi salah satu hal yang Anda pikirkan ketika mati lampu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dan jika Anda kebingungan bagaimana cara menyimpan ASIP saat mati lampu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Jangan panik

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat mati lampu dan Anda menyimpan stok ASIP dalam lemari pendingin adalah jangan panik. Tidak hanya dapat meningkatkan tingkat stres Anda, panik juga bisa menyebabkan Anda stres dan akan berdampak pada penurunan ASI yang dihasilkan.

2. Pertimbangkan untuk menggunakan genset

Meskipun cara ini membutuhkan sedikit biaya lebih, generator atau genset dapat menjaga freezer Anda tetap berjalan dengan baik dan mempertahankan temperatur yang tepat tanpa memerlukan tambahan es atau cara lainnya. Anda juga perlu memerhatikan bahwa genset membutuhkan bensin untuk tetap menyala, untuk itu sebaiknya siapkan bensin lebih agar genset tidak mati.
 
Tips Menjaga ASI Perah Saat Mati Lampu
(Jika Anda menyimpan ASI Perah jangan sering membuka bagian freezer jika tidak diperlukan. Ini untuk menyimpan suhu optimal dalam menyimpan ASI Perah beku. Foto: Pexels.com)

3. Gunakan dry ice

Jika Anda tidak memiliki genset, bisa juga menggunakan dry ice agar ASIP tetap dingin. Dry ice biasanya dapat dengan mudah ditemukan di pasaran atau supermarket. Penjual es krim juga terkadang memiliki dry ice cadangan dan Anda bisa membelinya dari mereka. Penting juga Anda mengetahui cara menyimpan dry ice sebelum membeli, dan gunakan dry ice saat mati lampu saja.

4. Kontak rumah sakit atau UGD terdekat

Beberapa rumah sakit atau UGD memiliki fasilitas penyimpanan ASIP darurat yang dapat mengakomodasi ASIP milik Anda disimpan di sana untuk sementara waktu. Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan cara ini jika memang di sekitar rumah Anda terdapat opsi ini. Manfaatkan fasilitas ini jika memang ada. Hubungi pihak rumah sakit terdekat untuk hal ini.

5. Usahakan tutup freezer rapat

Jika tidak ada hal yang mengharuskan Anda membuka freezer, sebaiknya tidak membuka freezer. Freezer yang sudah mencapai suhu optimal dapat mempertahankan suhu selama 48 jam atau 24 jam dalam suhu kurang optimal. Meskipun ini bukan cara yang bisa digunakan untuk jangka panjang, cara ini dapat membantu Anda tanpa harus menggunakan genset.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif