NEWSTICKER
Hal-hal berikut perlu Anda perhatikan dalam manajemen ASI Perah. (Foto: Pexels.com)
Hal-hal berikut perlu Anda perhatikan dalam manajemen ASI Perah. (Foto: Pexels.com)

4 Cara Menjaga ASIP yang Mencair Saat Mati Lampu

Rona tips menyimpan asi perah
Raka Lestari • 05 Agustus 2019 16:33
Saat mati lampu berjam-jam nasib ASI Prah di dalam freezer atau kulkas Anda pastinya membuat Anda khawatir. Miranda Virdi, Konselor Menyusui dan Penanggung Jawab Belanja Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) menjelaskan bahwa ASIP beku sebaiknya dicairkan terlebih dahulu di dalam kulkas selama 12 jam. Perubahan suhu yang bertahap berguna untuk menjaga kandungan ASIP.
 

 
Jakarta: Mati lampu menjadi salah satu kendala yang cukup besar bai ibu menyusui. Mati lampu biasanya menyebabkan ASI Perah (ASIP) yang sudah disimpan di dalam kulkas mencair.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa ibu mungkin akan tetap memberikan ASIP yang sudah mencair tersebut kepada bayinya. Namun sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi Anda sebelum memberikan ASIP yang sudah mencair kepada bayi Anda.
 
Miranda Virdi, Konselor Menyusui dan Penanggung Jawab Belanja Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) menjelaskan bahwa ASIP beku sebaiknya dicairkan terlebih dahulu di dalam kulkas selama 12 jam.
 
"Letakkan wadah di kulkas (chiller/refrigerator) pada malam sebelum ASIP dibutuhkan."
 
Hindari membiarkan wadah pada suhu kamar untuk mencairkan ASIP. Jika diperlukan cara pencairan yang lebih cepat, ASIP dapat dicairkan dengan cara dialiri atau direndam dengan air, seperti dikutip dari Aimi-asi.org.
 
"Pegang wadah ASIP di bawah aliran air dengan suhu ruang dan tingkatkan temperatur air secara bertahap hingga ASIP mencair. Atau letakkan wadah ASIP di dalam mangkuk berisi air pada suhu ruang lalu ganti air rendaman beberapa kali dengan air yang lebih hangat hingga ASIP mencair," ujar Miranda Virdi, dikutip dari sumber yang sama.
 
4 Cara Menjaga ASIP yang Mencair Saat Mati Lampu
(ASIP yang sudah dicairkan tidak dapat dibekukan kembali, namun dapat disimpan di dalam kulkas selama 24 jam. Foto: Pexels.com)

Hal-hal berikut perlu Anda perhatikan:
 
1. Perubahan suhu ASIP bertahap

Perubahan suhu yang bertahap berguna untuk menjaga kandungan ASIP. "ASIP yang sudah dicairkan tidak dapat dibekukan kembali, namun dapat disimpan di dalam kulkas selama 24 jam," jelas Miranda Virdi.

2. ASIP untuk jangka waktu delapan hari

Menyimpan ASIP di freezer dilakukan jika ibu perlu menyimpan ASIP untuk jangka waktu lebih dari 8 hari, di mana penyimpanan disarankan menggunakan freezer dengan suhu kurang dari -15 derajat celcius.

3. Sebelum ASIP masuk kulkas

Jika ibu akan menggabung ASIP dari beberapa kali pemerahan maka sebaiknya ASIP didiamkan sebentar (tidak lebih dari 4 jam) pada suhu ruang (25 derajat celcius) sebelum dimasukkan ke kulkas.

4. Wadah ASIP

Disarankan untuk menyimpan ASIP dalam wadah 25-100ml dan mengambil ASIP dari wadah seperlunya saja. Selain ASIP dapat lebih cepat dicairkan dan atau dihangatkan, ASIP yang sudah dicairkan tidak dapat dibekukan kembali namun dapat disimpan di dalam kulkaa selama 24 jam. Sedangkan ASI yang sudah dihangatkan tidak boleh dihangatkan kembali.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif