Beberapa orang menganggap bahwa melakukan pola diet vegetarian memiliki dampak positif terhadap lingkungan. (Ilustrasi/Pexels).
Beberapa orang menganggap bahwa melakukan pola diet vegetarian memiliki dampak positif terhadap lingkungan. (Ilustrasi/Pexels).

Jenis-jenis Diet Vegetarian

Rona diet
Raka Lestari • 27 November 2019 14:06
Jakarta: Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang mengikuti pola diet vegetarian. Mereka beranggapan dengan mengikuti pola diet vegetarian, tubuh bisa menjadi lebih sehat dan lebih baik.
 
Bahkan beberapa orang juga menganggap bahwa melakukan pola diet vegetarian memiliki dampak positif terhadap lingkungan. Namun tidak banyak yang tahu bahwa diet vegetarian sendiri memiliki berbagai macam jenis.
 
Berikut ini adalah jenis-jenis pola diet vegetarian yang ada:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Flexitarian 
 
Jessica Cording, RD, penulis buku The Little Book of Game-Changers: 50 Healthy Habits For Managing Stress & Anxiety menyebut jenis vegetarian ini sebagai “yang paling aman” karena lebih fleksibel dibandingkan jenis vegetarian lainnya. Makanan yang dikonsumsi para pengikut diet ini berbasis tumbuhan, namun masih memungkinkan untuk mengonsumsi daging-dagingan jika mengalami perubahan mood.
 
Pescatarian 
 
Pescatarian adalah orang-orang yang memilih untuk sebagian besar mengonsumsi makanan nabati, tetapi juga memasukkan makanan laut sebagai sumber protein (karena mereka tidak makan daging). Banyak pescatarian juga makan susu dan telur. “Ini cenderung baik bagi seseorang yang ingin menjadi vegetarian tetapi tetap mencintai ikan atau menginginkan manfaat nutrisi dari ikan,” kata Cording.
 
Lacto-ovo vegetarian 
 
Salah satu jenis yang paling popular adalah lacto-ovo vegetarian. Jenis diet ini menghindari daging, ikan, dan unggas, tetapi tetap mengonsumsi produk hewani seperti susu dan telur. “Ini tepat untuk seseorang yang ingin menjadi vegetarian utama tetapi tidak sepenuhnya vegan,” kata Cording. Namun, jika Anda merasa lelah atau tidak kenyang setelah makan, perhatikan asupan keseluruhan untuk memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan, tambah Cording.
 
Lacto vegetarian 
 
Satu langkah diatas lacto-ovo vegetarian adalah lacto vegetarian, yang mengonsumsi makanan nabati dan produk susu, tetapi menghindari daging, makanan laut, dan telur. Meskipun banyak orang yang menjalankan diet lakto-vegetarian dengan baik, Cording merekomendasikan untuk tetap memperhatikan asupan susu Anda untuk memastikan Anda tidak mengonsumsi susu berlebihan karena bisa menyebabkan kembung dan sembelit.
 
Ovo vegetarian 
 
Meskipun ovo vegetarian tidak makan daging, makanan laut, atau produk susu, mereka makan telur dan produk yang mengandung telur. Meskipun tidak sepopuler diet lacto-ovo vegetarian atau lacto vegetarian, diet ini juga menawarkan fleksibilitas “Jika Anda mengikuti pola diet ini, pastikan telur yang Anda konsumsi organtik untuk menurunkan paparan antibiotik dan pestisida,” kata Cording.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif