Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

Sayuran Dapat Mengurangi Risiko Kanker Tertentu

Rona kanker sayuran
Sunnaholomi Halakrispen • 10 September 2020 09:15
Jakarta: Makan banyak sayuran setiap hari dapat mengurangi risiko kanker tertentu. Hal ini mungkin dikaitkan dengan kandungan serat yang menjadi andalan di dalam sayuran.
 
Dikutip dari Healthline, beberapa penelitian mengamati hubungan antara asupan serat yang lebih tinggi dan risiko kanker kolorektal yang lebih rendah. Sayuran juga dapat mengurangi risiko kanker lainnya.
 
Satu ulasan mengaitkan setiap porsi sayuran yang dikonsumsi per hari dengan risiko kanker mulut 50 persen lebih rendah. Sayangnya, volume atau berat per porsi tidak ditentukan dengan detail.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ulasan lain mengamati bahwa perokok yang makan paling banyak sayuran mendapat manfaat dari risiko 8 persen lebih rendah terkena kanker paru-paru. Hal ini dibandingkan dengan mereka yang makan sayur paling sedikit.
 
Para peneliti mencatat bahwa 10,5 ons (300 gram) sayuran per hari ternyata memberikan manfaat paling banyak. Namun, sangat sedikit manfaat tambahan yang terlihat pada asupan yang lebih tinggi.
 
Sementara itu, sebagian besar penelitian tentang topik ini bersifat observasi. Sehingga, sulit untuk membuat kesimpulan yang kuat tentang peran pasti sayuran dalam pencegahan kanker.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif