Ketakutan dianggap parah secara klinis jika itu mengesalkan dan mengganggu kehidupan Anda. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Ketakutan dianggap parah secara klinis jika itu mengesalkan dan mengganggu kehidupan Anda. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Mengenal Emetophobia, Ketakutan Parah akan Sakit

Rona emetophobia
Torie Natalova • 15 Maret 2019 15:37
Fobia (gangguan anxietas fobik) adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Salah satunya yaitu emetophobia, yaitu ketakutan berlebihan terhadap muntah. Ketakutan dianggap parah secara klinis jika itu mengesalkan dan mengganggu kehidupan Anda.
 

 
Jakarta:
Emetophobia adalah ketakutan yang ekstrem akan sakit, melihat orang sakit, muntah atau kombinasi dari hal tersebut. Namun, pada kenyataannya banyak yang salah paham akan fobia yang paling sering dialami masyarakat Inggris tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Psikolog dan pakar merawat fobia akan muntah, Profesor Kevin Gournay menjelaskan, orang bisa saja takut akan hal apapun mulai dari ketinggian hingga binatang bahkan buah-buahan. Tapi, fobia sejati bukanlah masalah sepele karena dapat menyebabkan kecemasan parah bagi penderitanya.
 
Namun, banyak yang menggunakan istilah fobia secara tidak benar. Ketakutan dianggap parah secara klinis jika itu mengesalkan dan mengganggu kehidupan Anda.
 
Menurut Kevin, sebagian besar dari kita memiliki rasa takut akan sesuatu yang lebih besar daripada seharusnya. Tapi, itu hanya akan disebut fobia secara tepat jika itu benar-benar mengganggu hidup Anda.
 
Sementara itu, emetophobia sangat sulit diobati karena cukup kompleks. Emetophobia cenderung muncul dalam konteks seseorang yang memiliki ketakutan obsesif yang lebih umum, sehingga rasa takut muntah sering dikaitkan dengan rasa takut terkontaminasi.
 
Mengenal Emetophobia, Ketakutan Parah akan Sakit
(Emetophobia adalah ketakutan yang ekstrem akan sakit, melihat orang sakit, muntah atau kombinasi dari hal tersebut. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
 
(Baca juga: Ini Penyebab Seseorang Punya Fobia Terhadap Rambut Rontok)
 
Pada tingkat yang rasional, orang-orang dengan emetophobia memahami bahwa muntah tidak mengancam jiwa atau akan membahayakan dalam jangka panjang. Tetapi, mereka merasa sangat takut melihat kemungkinan itu terjadi.
 
Kevin mengatakan ada ratusan pasien dengan penderita fobia ini yang sering ketakutan akan muntah dapat menyebabkan hilangnya kontrol. Di lain waktu, orang tidak dapat benar-benar memahami apa yang sebenarnya mereka takutkan itu sebagai konsekuensi.
 
Bagaimana cara mengobati emetophobia? Perawatan yang utama untuk fobia ini yakni melibatkan terapi perilaku kognitif. Kebanyakan orang dengan fobia muntah akan memiliki daftar perilaku menghindari seperti menghindari makanan tertentu dan tempat makan tertentu.
 
Beberapa penderita juga menghindari tempat-tempat umum terutama jika ada ketakutan terkontaminasi oleh orang lain. Perawatan untuk gangguan ini sering melibatkan paparan bertahap pada situasi tertentu yang dilakukan untuk memecah perilaku penghindaraan tersebut.
 
Selain mengatasi penghindaran, penderita fobia ini harus sering mengatasi aspek ketakutan sentral dalam pikiran mereka. Di sini, strategi kognitif dapat membantu seseorang melihat masalah yang dimilikinya tidak penting. Karena, penderita emetophobia juga melihat hal yang ditakutinya adalah sebuah bencana besar.
 

 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif