Berhenti merokok adalah satu-satunnya cara agar terhindar dari permasalahan mata tersebut. (Foto Ilustrasi: Snapwire/Pexels)
Berhenti merokok adalah satu-satunnya cara agar terhindar dari permasalahan mata tersebut. (Foto Ilustrasi: Snapwire/Pexels)

Berhentilah Merokok sebelum Buta

Rona rokok
Dhaifurrakhman Abas • 10 April 2019 17:08
Tak bisa dipungkiri banyak alasan mengapa Anda tak dianjurkan untuk merokok. Kepala LVPEI, Raja Narayanan, mengatakan merokok mampu merusak retina mata yang merupakan jaringan penginderaan cahaya.
 
Jakarta: Apa Anda seorang perokok? Jika begitu, maka mulailah berpikirlah untuk segera menghentikan kebiasaan tersebut.
 
Pasalnya, selain dapat merusak jantung dan paru-paru, merokok juga bisa membuat Anda buta. Hal ini diungkapkan oleh para peneliti dari L.V. Prasad Eye Institute (LVPEI).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala LVPEI, Raja Narayanan, mengatakan merokok mampu merusak retina mata yang merupakan jaringan penginderaan cahaya. Terletak di belakang mata, retina berfungsi untuk mentransmisikan gambar menuju otak.
 
"Ini seperti lensa kamera yang mengubah sinar menjadi impuls yang membantu kita melihat," ujar Narayanan dikutip Times of India.
 
Narayanan mengatakan, retina mata dapat kehilangan fungsi lantaran senyawa kimia pada rokok meningkat dalam aliran darah. Senyawa kimia berbahaya tadi pada akhirnya mengurangi aliran darah dan oksigen menuju retina.
 
“Sehingga perokok dua kali lebih rentan mengalami Degenerasi Makula Terkait Usia (AMD)," tambah Narayanan.

Baca juga: Ternyata Membersihkan Rumah dapat Mengontrol Kecemasan

Sebuah studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Psychiatry Research juga meneliti hubungan antara merokok dengan kebutaan. Dalam studi tersebut menunjukkan bahwa para perokok mengalami kesulitan yang signifikan dalam melihat warna merah-hijau dan biru-kuning.
 
Hal ini terjadi karena rokok mengandung zat berbahan kimia neurotoksik. Zat tersebut bisa menyebabkan kebutaan permanen jika tersebar dalam kadar yang banyak di dalam tubuh.
 
Selain itu, Raja mengatakan merokok dapat memengaruhi banyak permasalahan mata seperti katarak, glaukoma, dan sebagainya. Yang menyeramkan, banyak permasalahan mata yang menyerang secara diam-diam tanpa gejala.
 
“Penyakit retina seperti AMD dan Diabetic Macular Edema (DME) mungkin berkembang secara diam-diam dan mengarah pada kehilangan penglihatan yang progresif jika tidak dirawat tepat waktu,”ujar Narayanan.
 
Narayanan bilang, berhenti merokok adalah satu-satunnya cara agar terhindar dari permasalahan mata tersebut. Dia juga menganjurkan untuk mengonsumsi sayur-sayuran hijau dan vitamin yang mampu meningkatkan kesehatan mata.
 
"Sayuran hijau gelap seperti kangkung, bayam, selada. Memiliki lutein dan zeaxanthin, nutrisi penting bagi kesehatan mata. Vitamin tertentu seperti vitamin C dan vitamin A juga membantu kesehatan mata secara keseluruhan dan membantu mencegah perkembangan AMD dan DME, " tandas dia.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif