Garam merupakan salah satu bahan yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan natrium pada garam yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah. (Ilustrasi/Pexels)
Garam merupakan salah satu bahan yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan natrium pada garam yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah. (Ilustrasi/Pexels)

Apakah Himalayan Salt Lebih baik DIbandingkan Garam Biasa?

Rona garam
Raka Lestari • 17 Juni 2020 10:08
Jakarta: Garam merupakan salah satu bahan yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan natrium pada garam yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah. Namun konsumsi garam yang berlebihan juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, sehingga banyak orang memilih Himalayan Salt atau garam Himalaya sebagai alternatif pilihan dari garam biasa.
 
Himalayan Salt itu sebenarnya konsepnya sama seperti garam biasa. Aturan konsumsinya pun sama seperti garam biasa yaitu 5 gram atau satu sendok teh per harinya. Himalayan Salt ini dianggap lebih sehat karena kandungan natrium per gramnya memang lebih rendah,” ujar Moch Aldis Ruslialdi SKM CNWC, Certified Nutrition and Wellness Consultant Nutrifood, dalam acara Webinar Series Nutrifood, Selasa, 16 Juni 2020. 
 
Ia menambahkan bahwa Himalayan Salt juga pada umumnya mengandung lebih banyak mineral lainnya dibandingkan garam biasa. Selain itu karena Himalayan Salt belum dilakukan proses purifikasi seperti garam dapur atau garam meja, biasanya mengandung lebih banyak mineral. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Namun perlu berhati-hati karena Himalayan Salt ini cenderung tidak terlalu asin, sehingga cenderung bisa menambahkan terlalu banyak garam. Pada dasarnya perlakuan antara garam dapur dan Himalayan Salt ini sama saja, yang terpenting adalah jumlahnya tetap harus diatur,” ujar Aldis. 
 
Himalayan Salt sendiri, berasal dari Tambang Garam Khewra di Pakistan, dimana kandungan mineral disana menghasilkan warna pink yang unik. Sehingga memang Himalayan Salt memiliki ciri khas warna pink. Berbeda dengan garam umumnya yang biasanya berwarna putih. 
 
Dilansir dari Reader’s Digest, Carolyn Dean, MD, ND, pendiriRNA Reset, juga menambahkan bahwa Himalayan Salt mengandung semua 84 elemen penting yang diperlukan tubuh. Perbedaan inilah yang membuat banyak orang menganggap bahwa Himalayan Salt merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan garam pada umumnya.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif