Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Kenali Manfaat Vitamin B6 dan Sumber Nutrisinya

Rona vitamin
Anda Nurlaila • 12 September 2019 16:08
Jakarta: Kondisi tubuh dan penampilan fisik dapat menunjukkan kekurangan salah satu nutrisi penting. Bibir kering, anemia, sulit berkonsentrasi, hingga sistem kekebalan tubuh lemah bahkan kanker dapat disebabkan kekurangan vitamin B6.
 
Mengutip WebMD, vitamin pekerja keras ini memengaruhi kinerja seluruh tubuh termasuk suasana hati, nafsu makan, tidur, dan kemampuan berpikir. Tubuh juga membutuhkannya untuk melawan infeksi, mengubah makanan menjadi energi, dan membantu darah membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda. Meskipun jarang terjadi, kekurangan vitamin B6 dapat membuat tubuh melambat.
 
Kebutuhan vitamin B6 harian tergantung pada usia. Bayi 7-12 bulan membutuhkan 0,3 miligram per hari dan lebih banyak saat tumbuh. Orang berusia di atas 50 tahun membutuhkan 1,7 miligram per hari untuk pria dan 1,5 miligram untuk wanita. Wanita hamil paling membutuhkan vitamin B6 dengan jumlah 1,9 miligram per hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sumber vitamin B6 adalah protein terutama unggas, daging sapi, dan ikan. Satu porsi dengan 300 gram salmon memasok kebutuhan vitamin B6 hingga 30 persen. Konsumsi 300 gram ayam akan memberi Anda 25 persen dari kebutuhan harian. Sayuran bertepung seperti kentang, ubi, dan jagung adalah sumber-sumber utama B6 yang lain. Buah-buahan kecuali jeruk, secangkir kacang garbanzo memenuhi setengah kebutuhan B6.
 
Penyebab kekurangan vitamin B6
 
Kekurangan B6 serius jarang terjadi. Tetapi sebagian mereka yang berusia lanjut dapat mengalami kekurangan nutrisi ini jika tidak makan dengan cukup. Penyebab lainnya tubuh tidak menyerap nutrisi seperti sebelumnya. Penyakit ginjal dan kondisi lain yang membuat usus kecil sulit menyerap nutrisi dapat menyebabkan kekurangan vitamin B6. Begitu juga penyalahgunaan alkohol.
 
Jika tidak mendapat vitamin B6 yang cukup dari makanan, asupan suplemen dapat mengisi kekosongannya. Sebagian besar multivitamin memiliki B6 atau dapat juga diminum terpisah. Beritahu dokter jika Anda sedang dalam pengobatan atau mengonsumsi suplemen lain.
 
Terlalu banyak vitamin B6 juga berbahaya, karena dapat merusak saraf, membuat mudah terluka, mual dan mulas. Batas harian yang aman untuk orang dewasa adalah kurang dari 100 miligram.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif