Ilustrasi. Antara/Nyoman Budhiana
Ilustrasi. Antara/Nyoman Budhiana

Manfaat Rumput Laut

Rona rumput laut
Raka Lestari • 16 Oktober 2019 09:05
Jakarta: Rumput laut identik dengan makanan-makanan yang berasal dari Asia, terutama Jepang yang terkenal dengan sushi. Namun saat ini rumput laut sudah banyak dikreasikan dengan berbagai jenis makanan dan semakin mudah pula ditemukan.
 
Mulai dari makanan berat sampai snack ringan juga banyak yang menggunakan rumput laut sebagai tambahannya.
 
Dikutip dari thehealthy rumput laut tidak hanya memiliki rasa yang enak, namun juga memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan Anda seperti berikut ini:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menyerap lemak 
 
Rumput laut bukanlah jenis sayuran, tetapi masuk ke dalam jenis ganggang. “Rumput laut sangat menarik bagi mereka yang berusaha untuk mengatur berat badan mereka,” ujar Maria E. Rodriguez, RD, dari Mount Sinai Diabetes Alliance, New York.
 
Berdasarkan studi pada tahun 2016, ganggang dapat mengurangi tingkat penyerapan lemak hingga 75 persen dengan menghambat efek enzim lipase pencernaan. Para peneliti percaya bahwa jika alginat dapat memblokir enzim, tubuh akan menyerap lebih sedikit lemak.  
 
Mengatasi kembung
 
Makan rumput laut dapat memiliki efek diuretik, sehingga dapat mengurangi jumlah air dalam tubuh Anda. Rumput laut lebih mudah dicerna sehingga kecil kemungkinan menyebabkan kembung.
 
Cara lain yang enak untuk mengurangi rasa kembung adalah makan rumput laut nori. Nori adalah rumput laut asin yang dibuat menjadi lembaran tipis yang biasa digunakan dalam masakan Jepang dan Korea.
 
Memperkuat tulang
 
Menurut Rodriguez, rumput laut mengandung sekitar tujuh kali lebih banyak kalsium daripada susu. Rumput laut wakame misalnya, dapat memenuhi sekitar 15 persen kebutuhan dari kalsium harian Anda.
 
Kalsium sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan perbaikan tulang. Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang akan menurun.
 
Membantu dalam regulasi tiroid
 
Rumput laut jenis wakame dapat mengandung sekitar 164 mikrogram yodium, yang penting untuk kesehatan tiroid. Tubuh bergantung pada fungsi tiroid yang sehat untuk mengelola metabolisme.
 
"Tubuh kita tidak membuat yodium, jadi penting bagi kita untuk mengkonsumsinya melalui makanan," kata ahli diet olahraga bersertifikat Kylene Bogden.
 
Salah satu cara untuk memanfaatkan yodium dalam wakame adalah dengan membuatnya menjadi sup, saran koki Matthew Robinson dari culinaryexhange.com.
 
Mengatur tekanan darah 
 
"Satu studi pada pasien hipertensi menemukan bahwa 1,5 gram chlorella murni per hari mengakibatkan penurunan tekanan darah selama periode enam bulan, serta menurunkan gejala terkait hipertensi," ujar Cassandra Suarez, RDN, dari Boston.
 
Chlorella sendiri merupakan salah satu jenis rumput laut berwarna hijau dan memiliki bau khas laut yang sangat cocok ditambahkan pada smoothies atau salad.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif