Menulis di jurnal harian Anda juga bisa mengidentifikasi apa saja masalah yang Anda temui. (Foto: Pexels.com)
Menulis di jurnal harian Anda juga bisa mengidentifikasi apa saja masalah yang Anda temui. (Foto: Pexels.com)

7 Cara Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Rona psikologi kesehatan mental
Sandra Odilifia • 27 September 2020 09:00
Jakarta: Rasa cemas atau khawatir bisa muncul kapan saja. Dan sering kali dirasakan oleh sebagian orang mulai dari remaja, dewasa hingga lanjut usia. Namun rasa khawatir yang berlebihan itu tidak baik bagi tubuh karena bisa mengganggu dan menggerus energi mental Anda.
 
Mengutip akun resmi Instagram Psikolog anak, remaja, dan keluarga, Efnie Indrianie, M.Psi @efni_co, berikut beberapa strategi untuk mengatasi rasa khawatir yang mengganggu.

1. Tulis kekhawatiran Anda

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu menyiapkan kertas dan alat tulis. kemudian tulis situasi apa saja yang bisa membuat Anda khawatir.
 
"Situasi itu bisa nyata, sesuatu yang sedang kamu hadapi dan kamu alami. Bisa juga situasi hasil skenario yang ada di dalam pikiran kamu," ujar psikolog dari Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha, Bandung ini.

2. Duduk tenang

Kemudian langkah kedua, duduklah dalam kondisi tenang, rasakan detak jantung Anda. Dan berikan skor pada tingkat kecemasan Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau kamu diminta untuk memberikan skor intensitas worry-mu, dari 1-100, silahkan tentukan kira-kira tingkat kekhawatiran kamu berada pada skor berapa, dan jujurlah pada diri sendiri," lanjut Psikolog Efni.

3. Tulis pikiran negatif

Langkah ketiga, tuliskan pikiran negatif apa saja yang muncul sebagai akibat dari kekhawatiran Anda. Tulislah dengan jujur dan detail dalam sebuah kertas atau agenda pribadi Anda. Ini adalah salah satu cara untuk mengurangi ketakutan terhadap situasi yang sedang Anda hadapi.
 
 
 

4. Identifikasi 

Langkah keempat, setelah Anda menuliskan pikiran-pikiran negatif yang membuat Anda khawatir tadi, coba Anda tuliskan kembali dan identifikasi apa saja yang ada disekitar Anda yang bisa menguatkan pikiran negatif itu. Anda harus tahu dan menyadarinya agar Anda bisa mengantisipasi dan menghindarinya.

5. Identifikasi pikiran negatif

Kemudian langkah kelima, identifikasi juga hal-hal apa saja yang bisa melemahkan pikiran negatif Anda. Dan tentunya, hal-hal positif itu harus sering-sering Anda dekati.
 
"Kalau perlu harus kamu lakukan, karena ini akan menjadi support yang kuat untuk mental kamu," ujar Psikolog Efnie.

6. Cek realita

Langkah keenam yaitu cek realita dan fakta yang telah Anda alami selama ini dan ambil sisi positifnya. Karena dari sisi positif itu, membuktikan bahwa Anda memiliki potensi dan kemampuan untuk menanggulangi kecemasan. Hanya saja sebelumnya Anda kurang menyadarinya.

7. Ambil waktu untuk menenangkan diri

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah ambil waktu untuk menenangkan diri sendiri. Kendalikan napas, dengarkan detak jantung dan luangkan waktu untuk diri sendiri agar Anda bisa benar-benar menenangkan diri.
 
Menenangkan diri merupakan hal yang penting karena Anda telah melakukan serangkaian langkah untuk mengatasi kecemasan atau kekhawatiran Anda.
 
Untuk memastikan kembali, lakukanlah penilaian ulang tentang skor kekhawatiran atau kecemasan Anda.
 
Jika diberi angka satu sampai 100, kira kira saat ini skor kecemasan Anda berada di angka berapa? Jangan lupa untuk evaluasi kembali ya! Selamat mencoba.

 
(TIN)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif