da beberapa hal yang perlu diperhatikan penyintas serangan jantung dalam kehidupan seksual. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
da beberapa hal yang perlu diperhatikan penyintas serangan jantung dalam kehidupan seksual. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Tips Hubungan Seksual Pasca Serangan Jantung

Rona seks dan kesehatan
Anda Nurlaila • 25 Maret 2019 18:06
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan penyintas serangan jantung dalam kehidupan seksual. Misalnya menunggu satu hingga tiga jam setelah makan, tidak mencampur obat, serta mengetahui aktivitas fisiknya dari ringan hingga sedang.
 

 
Jakarta:
Para penyintas serangan jantung mungkin merasa ragu kembali beraktivitas intim. Namun dengan memerhatikan anjuran dan larangan dokter, aktivitas seksual aman dilakukan bagi mereka yang pernah mengalami serangan jantung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan penyintas serangan jantung dalam kehidupan seksual, seperti dikutip dari Reader Digest:

1. Beri jeda setelah makan

Romansa dan seks setelah makan malam mungkin terdengar menyenangkan. Tetapi ahli jantung dan penulis "Heal Your Heart," Michael Miller mengingatkan pasien yang melanjutkan aktivitas seksual setelah serangan jantung, pemasangan stent, atau operasi jantung terbuka harus menunggu setidaknya beberapa jam setelah makan besar seperti makan malam.
 
"Setelah makan malam tunggu satu hingga tiga jam maksimal untuk mengurangi stres pada jantung. Dan jangan melewatkan makan malam karena sibuk," katanya.

2. Jangan mencampur obat

Asupan obat-obatan sangat penting bagi mereka yang ingin melanjutkan kehidupan seks setelah serangan jantung. Bila Anda atau pasangan minum obat-obatan disfungsi ereksi seharusnya tidak menggunakan obat nitrogliserin selama setidaknya 72 jam.
 
Kapsul nitrogliserin dirancang untuk membantu meringankan nyeri dada pada penderita arteri koroner, sehingga mengencerkan darah yang mengalir ke jantung.
 
Namun ada beberapa efek samping serius penggunaan obat ED dan nitorgliserin secara bersamaan. Hubungi dokter mengenai obat-obatan yang Anda minum.  
 
(Baca juga: Hubungan Seks dan Risiko Penyakit Jantung)
 
Tips Hubungan Seksual Pasca Serangan Jantung
(Penulis "Heal Your Heart," Michael Miller mengingatkan pasien yang melanjutkan aktivitas seksual setelah serangan jantung, pemasangan stent, atau operasi jantung terbuka harus menunggu setidaknya beberapa jam setelah makan besar seperti makan malam. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

3. Ketahui kapan Anda berada di tempat yang jelas

Waktu beraktivitas seksual setelah kejadian jantung bervariasi tergantung pada jenis masalah jantung dan prosedur yang dijalani. Jika mengalami serangan jantung atau infark miokard (MI), rekomendasi standar adalah menunggu satu minggu.
 
"Pasien stabil dalam program latihan rehabilitasi jantung satu minggu setelah MI terbukti aman, dimulainya kembali aktivitas seksual segera setelah MI tanpa komplikasi pada pasien stabil yang tidak menunjukkan gejala dengan aktivitas fisik ringan hingga sedang," menurut American Heart Association.
 
Selama pasien dapat beraktivitas fisik ringan hingga sedang. Termasuk berjalan di atas treadmill datar dengan kecepatan tiga hingga lima mph atau berjalan di dua set anak tangga tanpa mengalami rasa tidak nyaman di dada atau leher, kelelahan, atau sesak napas.

4. Jika jantung dipasangi stent

Jika stent dipasang di jantung, hubungan seksual dilakukan sesuai dengan pedoman serupa dengan setelah serangan jantung tanpa komplikasi, yakni menunggu selama satu minggu.
 
"Bila Anda dapat berjalan dengan langkah cepat atau naik dua set tangga tanpa masalah tanpa mengalami sesak napas, kelelahan, atau ketidaknyamanan dada atau leher aktivitas seks dapat dilakukan," kata Miller.

5. Jika menjalani operasi bypass koroner

Bedah bypass koroner, menurut Mayo Clinic, adalah prosedur bedah yang mengalihkan aliran darah di sekitar bagian arteri yang tersumbat di jantung. Pembuluh darah sehat diambil dari lengan, kaki, atau dada, dan hubungkan ke arteri jantung yang sehat.
 
Setelah operasi bypass perlu waktu tambahan untuk pulih. "Tunggu hingga ada penyembuhan yang cukup pada dada, umumnya enam-delapan minggu setelah operasi tanpa komplikasi," kata Miller.

6. Seks mungkin tidak sama lagi

Jika pasangan pria menderita serangan jantung, ia mungkin akan mengalami tantangan di kamar tidur. Menurut Prevention, penelitian University of Chicago menemukan bahwa 31 persen pria 55 dan lebih muda yang tidak memiliki masalah seksual sebelum serangan jantung berakhir dengan setidaknya satu tantangan seksual baru pada tahun berikutnya.
 
Diantaranya disfungsi ereksi sekitar 25 persen, tidak tertarik pada seks 19 persen, dan gangguan kinerja seks 16 persen.
 
"Gangguan kesehatan besar sering menjadi penyebab seseorang khawatir atau sedih sehingga dapat mengganggu seks yang sehat, baik secara fisik maupun mental," katanya.

7. Seks menyebabkan serangan jantung hanya mitos

Dengan asumsi tidak ada komplikasi serius, tidak perlu khawatir terkena serangan jantung kedua saat berhubungan seks.
 
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Cardiology menunjukkan bahwa risiko mengalami serangan jantung lain saat hubungan seks sangat rendah.
 
Penulis studi James E. Muller mengatakan, "Aktivitas seksual membawa sedikit risiko penyebab penyakit jantung."
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif