Ketika Anda membandingkan hubungan Anda dengan orang lain yang ada di media sosial, Anda bisa menciptakan
Ketika Anda membandingkan hubungan Anda dengan orang lain yang ada di media sosial, Anda bisa menciptakan "jarak" yang tidak menyenangkan antara Anda dan pasangan. (Foto: Pexels.com)

Pernahkah Anda Merasa Kesepian dalam Hubungan?

Rona romansa psikologi
Kumara Anggita • 10 Mei 2019 09:00
Menurut Jenny Taitz, seorang psikolog klinis, keengganan untuk terbuka satu sama lain juga dapat berkontribusi dalam menyebabkan perasaan kesepian dalam sebuah hubungan. Salah satu faktor menyebabkan rasa kesepian adalah tidak berbicara tentang perasaan Anda.
 
 
Jakarta:
Merasa kesepian tidak hanya dialami oleh mereka yang masih lajang atau sendiri. Beberapa orang merasa kesepian meskipun mereka sudah memiliki pasangan atau sudah berada dalam hubungan jangka panjang. 
 
Orang yang berada dalam hubungan bisa juga merasa kesepian karena sesuatu tidak berjalan dengan semestinya atau karena mereka berharap pasangan dapat memenuhi perasaan kesepian yang sudah ada sebelumnya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Rasa kesepian ini sering terjadi ketika pasangan kehilangan koneksi emosional satu sama lain," kata Gary Brown, ahli terapi keluarga dan pernikahan berlisensi di Los Angeles. 
 
"Bahkan dalam hubungan yang sangat baik, ada saat-saat di mana salah satu atau kedua pasangan merasa jauh dan terasing satu sama lain," katanya. 
 
Menurut Jenny Taitz, seorang psikolog klinis, keengganan untuk terbuka satu sama lain juga dapat berkontribusi dalam menyebabkan perasaan kesepian dalam sebuah hubungan. 
 
"Salah satu faktor menyebabkan rasa kesepian adalah tidak berbicara tentang perasaan Anda atau menceritakan hal-hal yang membuat Anda merasa tidak aman dan berisiko," katanya. "Anda mungkin dekat dengan seseorang tetapi mereka mungkin tidak tahu banyak hal pribadi tentang Anda." 
 
Pernahkah Anda Merasa Kesepian dalam Hubungan?
(Menurut Jenny Taitz, seorang psikolog klinis, keengganan untuk terbuka satu sama lain juga dapat berkontribusi dalam menyebabkan perasaan kesepian dalam sebuah hubungan. Foto: Pexels.com)

Peran media sosial dalam rasa kesepian

Media sosial juga bisa berperan. Menurut Taitz, membandingkan hubungan Anda dengan yang Anda lihat di media sosial dapat menimbulkan rasa kesepian. 
 
Ia mengatakan bahwa ketika Anda membandingkan hubungan Anda dengan orang lain yang ada di media sosial, Anda bisa menciptakan "jarak" yang tidak menyenangkan antara Anda dan pasangan. Dan melalui "jarak" inilah, perasaan kesepian muncul. 
 
"Mungkin sulit untuk menentukan apa akar dari rasa kesepian Anda tersebut, tetapi langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan berbicara kepada pasangan Anda mengenai perasaan Anda," kata Joshua Rosenthal, seorang psikolog klinis dan direktur perawatan anak dan remaja di Manhattan Psychology Group. 
 
Menurut Rosenthal, jika Anda berbicara dengan pasangan Anda dan mereka juga mengalami perasaan kesepian, kemungkinan besar masalahnya adalah hubungan Anda berdua. 
 
Untuk mengatasinya, Niloo Dardashti, seorang psikolog dan pakar hubungan yang berbasis di New York menyarankan untuk melakukan kegiatan seperti meditasi yang membuat Anda lebih melakukan introspeksi.
 
Jika perasaan kesepian dalam hubungan Anda terus melanda, ada baiknya Anda berkonsultasi ke klinik psikologi untuk mendengar saran para ahli.
 
Beberapa tempat konsultasi psikologi bisa Anda kunjungi antara lain, Klinik Terpadu - Fakultas Psikologi UI, Rumah Dandelion, atau Klinik Psikolog - Kemang Medical Care.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif