Salah satu langkah mudah agar terhindari dari penyakit adalah mencuci tangan. Selengkapnya di bawah ini. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Salah satu langkah mudah agar terhindari dari penyakit adalah mencuci tangan. Selengkapnya di bawah ini. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Waspada Diri sebelum Terjangkit Penyakit Serius

Rona tiongkok tips kesehatan pneumonia
Sunnaholomi Halakrispen • 19 Januari 2020 10:00
Jakarta: Penyakit berasal dari virus dan atau bakteri yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Sebelum semakin parah Anda terpapar penyakit serius, teruslah bersikaplah waspada.
 
Baik waspada terhadap lingkungan sekitar, maupun kondisi fisik Anda sendiri. Terutama untuk menghindari diri dari penyebaran penyakit pneumonia misterius yang pertama kali ditemukan di China.
 
"Terkait pencegahan pneumonia yang sedang outbreak saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah kasus ini karena pneumonia pada kasus outbreak saat ini disebabkan oleh coronavirus jenis baru," ujar Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P (K), FISR, FAPSR, selaku Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) di Rumah PDPI, Cipinang, Pulogadung, Jakarta Timur.

Tips pertama yang harus dilakukan ialah:

1. Bersikap tenang atau jangan panik. Sebab ketika panik, otak dan emosi kerap kali bekerja bahkan berlebihan, hingga berisiko stres. Pikiran yang stres pun mengiringi kondisi kesehatan fisik. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Waspada Diri sebelum Terjangkit Penyakit Serius
(Periksa segera jika Anda merasa ada rasa sesuatu dalam pernapasan Anda. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
 
2. Apabila mengalami gejala demam, batuk, disertai kesulitan bernapas, segeralah mencari pertolongan ke rumah sakit terdekat. Temui dokter dan utarakan keluhan Anda. 
 
Nantinya, obat-obatan yang diserepkan dokter bisa mengatasi pernapasan Anda. Namun, jika kondisi Anda tak juga membaik, mintalah perawatan khusus yang lebih intensif oleh dokter spesialis.
 
3. "Lalu, melakukan kebersihan tangan secara rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung, dan mata, serta setelah memegang instalasi publik," paparnya.
 
Bersihkan tangan dengan air mengalir dan sabun cair, bilas setidaknya selama 20 detik. Kemudian, keringkan tangan Anda dengan handuk atau kertas sekali pakai. 
 
"Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, dapat menggunakan alkohol 70-80 persen handrub. Selanjutnya, menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin atau batuk," jelas Dr. Agus.
 
Kondisi khusus ketika Anda mengalami gangguan saluran pernapasan, gunakan masker ketika berada di luar rumah. Cara ini bertujuan untuk mencegah virus dari luar masuk ke dalam hidung dan atau mulut Anda.

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif