Hubungan seksual bukan satu-satunya cara untuk menikmati keintiman dengan pasangan Anda. (Foto Ilustrasi: Tan Danh/Pexels)
Hubungan seksual bukan satu-satunya cara untuk menikmati keintiman dengan pasangan Anda. (Foto Ilustrasi: Tan Danh/Pexels)

Mengidap HIV, Amankah bagi Pasangan?

Rona seks dan kesehatan hiv
Sunnaholomi Halakrispen • 25 Juni 2019 15:07
Menderita HIV bukan berarti Anda tak bisa berhubungan intim dengan suami atau istri Anda. Berbagai cara bisa membuat Anda memenuhi kebutuhan jasmani tersebut, tanpa harus menularkan virus HIV. Seperti melakukan seks dengan menggunakan kondom.
 
Jakarta: Mengetahui bahwa Anda menderita HIV tidak harus menghentikan kehidupan seks Anda terhadap suami atau istri Anda. Ada cara-cara atau teknik khusus agar Anda bisa menikmati waktu dengan suami atau istri Anda.
 
Dengan tetap berpegang teguh pada pengobatan HIV sesuai jadwal dan beberapa tindakan pencegahan sederhana, Anda dan pasangan dapat berhubungan seks dengan hampir tidak ada kemungkinan menularkan virus:

1. Beri tahu pasangan Anda

Langkah pertama ialah memberi tahu pasangan Anda bahwa Anda positif terkena HIV. Sehingga, Anda berdua bisa berbicara tentang bagaimana bisa melakukan hubungan intim secara aman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sembilan belas negara bagian di Amerika Serikat memiliki undang-undang yang mengharuskan Anda mengungkapkan status HIV Anda kepada siapa pun. Salah satunya yang berhubungan seks dengan Anda. Bahkan jika Anda tidak tinggal di negara-negara tersebut, membagikan diagnosa Anda memungkinkan pasangan Anda untuk memutuskan berapa banyak risiko yang bersedia mereka ambil selanjutnya.

2. Aktif mengonsumsi obat

Demi bisa menurunkan jumlah virus dalam darah Anda, baiknya mengonsumsi obat-obat HIV secara aktif dan teratur. Tak lupa menjalankan terapi antiretroviral (ART).
 
Dalam tiga bulan setelah memulai ART, viral load Anda mungkin rendah, sehingga tidak terdeteksi dengan tes. Itu berarti kemungkinan Anda akan menularkan virus sangat rendah.

3. Gunakan kondom

Cara ini merupakan salah satu keputusan yang sangat tepat. Lakukanlah setiap waktu, walaupun viral load Anda tidak terdeteksi dan Anda tidak pernah melewatkan pengobatan sekali pun.
 
Menggunakan kondom bagi pria atau wanita dengan benar akan menurunkan peluang pasangan Anda terkena HIV lebih rendah. Selain itu, hanya kondom yang dapat melindungi Anda berdua dari infeksi menular seksual lainnya, seperti klamidia, gonore, sifilis, dan herpes.

4. Beralih ke seks yang lebih aman

Hubungan seksual bukan satu-satunya cara untuk menikmati keintiman dengan pasangan Anda. Keintiman yang berarti bisa dilakukan dengan pendekatan lain, meski hanya melalui sentuhan.
 
Salah satunya, dengan berciuman. HIV menyebar melalui cairan tubuh seperti air mani, cairan vagina, dan darah. Tetapi, virus tidak menyebar melalui air liur.
 
Hal ini perlu menjadi penekanan. Sebab, sejumlah orang masih salah tafsir soal penyebaran HIV melalui air liur. Kecuali Anda atau pasangan memiliki luka pada mulut atau ada gusi yang berdarah.
 
Ya, ketika ada luka dan mengeluarkan darah, ada kemungkinan bisa menularkan HIV. Namun, jika tidak ada luka, tidak mungkin tertular HIV dari berciuman.
 
Cara lain, dengan berpelukan, berpegangan tangan, memijat dan sentuhan lainnya. Temukan cara apa pun untuk menyenangkan satu sama lain. Ini adalah segala bentuk kontak seksual yang tidak bersentuhan dengan cairan tubuh.
 
Hidup Penuh Optimisme dari Perempuan HIV Positif

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif