Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Jenis Kacang-kacangan yang Paling Sehat

Rona makanan sehat
Raka Lestari • 04 Desember 2019 11:00
Jakarta: Kacang-kacangan merupakan sumber lemak sehat yang baik. Jenis kacang-kacangan yang sehat mengandung nutrisi yang dapat menurunkan kolestrol Anda, dan berbagai manfaat bagi kesehatan lainnya.
 
Ada banyak jenis kacang yang bisa Anda temukan. Tetapi beberapa jenis kacang tentu memiliki manfaat yang berbeda-beda. Dan, berikut ini adalah beberapa jenis kacang yang dianggap paling sehat:

1. Walnut

Walnut atau kacang kenari memiliki beragam manfaat kesehatan.  Jenis kacang ini juga kaya akan fitokimia tertentu terutama fenol, fitat, dan fitosterol yang menjadikannya sebagai salah satu jenis kacang paling sehat.
 
Menurut American Journal of Clinical Nutrition, kenari kaya akan asam alfa-linoleat, asam lemak omega-3 yang terkait dengan peningkatan kesehatan tulang dan pencegahan penyakit kardiovaskular dan diabetes.

2. Almond

The Journal of Nutrition menerbitkan penelitian yang menunjukkan pengurangan berat badan, lemak perut, dan tekanan darah pada orang yang obesitas. Manfaat itu didapat setelah mengonsumsi sebanyak 15 persen kalori mereka dari kacang almond selama 12 minggu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Almond juga merupakan sumber vitamin E, kalsium, magnesium, dan folat. Usahakan mengonsumsi almond secara utuh atau bisa mendapatkannya melalui tepung almond dan susu almond.

3. Pistachio

Sebuah studi yang diterbitkan di Metabolism menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kolesterol dan trigliserida. Terutama pada orang dewasa diabetes yang makan pistachio setiap hari selama sebulan.
 
Menurut Diabetes Care, orang-orang dengan pra-diabetes juga mengalami peningkatan resistensi insulin dan penanda inflamasi jika rutin mengonsumsi pistachio. Manfaat anti-inflamasi dapat berasal dari phytochemical pistachio, seperti fenol, proanthocyanidins, dan flavonoid.

4. Macadamia

Dijuluki "Queen of Nuts," kacang macadamia adalah tanaman asli Australia. Faktanya, ulasan pada 2015 dari enam uji klinis menyimpulkan bahwa, memasukkan kacang macadamia ke dalam makanan membantu menurunkan kolesterol total dan LDL. Kacang macadamia juga merupakan sumber thiamine dan mangan yang baik.

5. Kacang mete

Kacang mete mengandung fitat dengan sifat anti-inflamasi, serta mineral esensial fosfor, magnesium, tembaga, dan mangan. Menurut studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, pria dan wanita dengan kolesterol LDL (buruk) yang cukup tinggi yang mengonsumsi antara 16 dan 36 kacang mete setiap hari, mengalami penurunan total dan kolesterol LDL setelah satu bulan.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif