Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Alat Kelamin Pria Tersangkut? Ini yang Perlu Anda Ketahui

Rona seks seks dan kesehatan
A. Firdaus • 03 Januari 2020 19:14
Jakarta: Di berbagai belahan dunia, fenomena gancet kerap dikaitkan dengan berhubungan seks secara ilegal atau berkaitan dengan hal mitos sampai mistis. Kondisi di mana alat kelamin pria 'tersangkut'.  
 
Dalam pandangan orang yang masih percaya hal-hal mitos, gancet dianggap sebagai 'hukuman'. Tapi jika menoleh ke dunia medis, ada penjelasan yang cukup logis ketimbang mengaitkannya dengan dunia mistis.
 
Seperti yang dikatakan oleh Spesialis Obgin Bamed Women’s Clinic, dr. Ni Komang Yeni, SpOG. "Kemungkinan kondisi itu terjadi karena ada spasme otot yang involunter," ujar dr Yeni kepada Medcom.id di bilangan Jakarta Pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi tidak disadari terjadi ketegangan otot mungkin ada gangguan persarafan atau pembuluh darah yang tiba-tiba terjadi di situ." 
 
Penyebabnya sendiri bermacam-macam. Salah satunya adanya kecemasan dari kedua belah pihak. Dalam kata lain, panik.
 
"Biasanya terjadi karena ada rasa ketakutan, kecemasan sendiri, sangat situasional sekali. Jadi fenomena ini tidak selalu terjadi saat berhubungan seksual, tapi hanya pada saat-saat seperti itu saja," terang dr. Yeni.
 
Meski demikian, selalu ada cara untuk mengatasinya. Salah satunya, melakukan sedasi atau teknik memasukkan sedatif.
 
"Hal ini memang benar ada. Beberapa pasien disembuhkan dengan sedasi, kemudian dibius baru mereka bisa pisahkan," jelasnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif