Bagaimana minum boba yang tetap sehat? Berikut informasinya. (Foto: Jason Leung/Unsplash.com)
Bagaimana minum boba yang tetap sehat? Berikut informasinya. (Foto: Jason Leung/Unsplash.com)

Cara Tepat Minum Boba, yang Dinilai Sehat

Rona kesehatan minuman boba
Sunnaholomi Halakrispen • 28 Februari 2020 11:00
Jakarta: Siapa yang tidak mengenal bubble drink? Minuman dengan topping bola-bola kenyal atau biasa disebut boba ini masih ngehits di kalangan anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Gerai-gerai minuman ini pun dengan mudah dijumpai di mal-mal hingga di daerah perumahan.
 
Namun, berdasarkan penelitian dan pengamatan, kalori dalam segelas bubble drink bisa mencapai 600-800 kalori. Penyebabnya, dari tingginya gula dan lemak, serta kandungan dari bahan-bahan tambahan yang tidak alami.
 
Dampak buruk pun berpengaruh pada lingkungan. Ini dikhususkan pada industri minuman boba yang amat mengkhawatirkan karena banyaknya limbah plastik dari kemasan yang digunakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Maka demikian, cara tepat minum boba yang dinilai sehat oleh pakar gizi, bisa menjadi solusi untuk Anda. Mulai dari pemilihan boba, hingga bagaimana cara mengonsumsi dengan tepat.
 
"Pertama, pilih minuman dengan kadar kalori rendah. Kurangi gula, termasuk sirup serta konsentrat buah yang biasa ditambahkan ke dalam minuman," ujar Pakar Gizi Pafitri SKM., RD, di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Februari 2020.
 
Kemudian, pilih jenis topping yang lebih sehat. Lantaran ada beragam topping boba yang tersedia di masing-masing toko, solusi tepat ialah memilih topping yang terbuat dari bahan sehat, misalnya buah-buahan atau tanaman.
 
"Tidak dikonsumsi berlebihan. Kalori yang ada di dalam segelas minuman boba sangat tinggi, maka jangan minum boba setiap hari," jelasnya.
 
Selain itu, pilihlah minuman boba yang mengandung zat aktif alami yang bermanfaat. Kemudian, tetaplah minum air putih dengan jumlah yang cukup setelah Anda menikmati segelas minuman boba. 
 
Cara itu bisa untuk menetralisir. Terakhir, kata Pafitri, jangan lupa juga untuk menerapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang.

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif