(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Virus HPV Banyak Menyerang Wanita Usia Produktif

Rona kanker serviks
Sri Yanti Nainggolan • 02 Februari 2018 10:35
Jakarta: Sebuah laporan menyebutkan bahwa wanita berusia 16-30 tahun berisiko tinggi terkena virus Human Papilloma Virus (HPV) yang menyebabkan penyakit seperti kanker serviks, kutil kelamin, dan sebagainya.
 
Menurut studi Analisis SRL pada kanker serviks, sekitar 14 persen wanita pada kelompok usia tersebut terkena virus HPV, disusul dengan kelompok usia 61-85 dengan presentasi 8,39 persen.
 
"Lebih dari 3 ribu wanita di India melakukan tes infeksi HPV antara tahun 2013 dan 2017 dengan menggunakan metode standar global -Hybrid Capture II. Secara keseluruhan, sebanyak 8,04 persen dari mereka mengalami infeksi HPV berisiko tinggi," demikan menurut survei.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tes yang digunakan dalam skrining untuk kanker serviks tersebut adalah tes Konvensional (Pap) dan Liquid-based Cytology (LBC), Inspeksi Visual dengan Uji Asam Asetat (VIA) dan HPV untuk tipe HPV berisiko tinggi.
 
Sementara, analisis tersebut menggunakan data uji SRL HPV oleh Hybrid Capture 2 digunakan. India menyumbang hampir sepertiga dari semua kematian akibat kanker serviks global, dengan sekitar 1.320.000 kasus baru didiagnosis dan 74 ribu kematian setiap tahun.
 
"Setelah kanker payudara, kanker serviks adalah penyebab utama kedua kematian akibat kanker, terhitung 17 persen dari semua kematian akibat kanker diantara wanita berusia antara 30 dan 69 tahun, dimana usia rata-rata adalah 38 tahun."
 
Lihat video:
 

 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif