Berikut makanan yang kemungkinan membantu meredakan gejala asma. (Foto: Pexels.com)
Berikut makanan yang kemungkinan membantu meredakan gejala asma. (Foto: Pexels.com)

Tujuh Makanan Ringankan Gejala Asma

Rona asma
Anda Nurlaila • 26 April 2019 18:39
Asma adalah penyakit kronis yang terjadi di saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas. Serangan asma sering ditandai beberapa gejala seperti sesak napas, nyeri dada, batuk dan mengi.
 

 
Jakarta:
Asma, penyakit yang dialami semua gologan umur belum diketahui penyebabnya. Namun polusi, asap rokok, debu, bulu binatang, udara dingin, aktivitas fisik, virus atau paparan kimia dapat memicunya. Mengutip Web MD, asupan makanan dapat memengaruhi kondisi asma.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut makanan yang kemungkinan membantu meredakan gejala asma:

Buah dan sayuran

Tidak ada diet khusus yang menghilangkan masalah pernapasan atau asma. Tetapi makanan tertentu mungkin bermanfaat. Buah-buahan dan sayuran penuh antioksidan seperti beta karoten dan vitamin E dan C. Ini membantu menghentikan partikel radikal bebas yang merusak sel dan bisa mengiritasi paru-paru.

Vitamin D

Sebagian besar diperoleh dari sinar matahari, tetapi juga dari beberapa makanan. Pilihan utama adalah ikan berlemak seperti salmon dan ikan todak. Susu, telur, dan jus jeruk, yang sering diperkaya dengan vitamin D.
 
Nutrisi ini memperkuat respons sistem kekebalan tubuh melawan kuman dan mengurangi pembengkakan di saluran napas. Mereka dengan kadar vitamin D rendah lebih sering mengalami serangan asma.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Selain nutrisinya, ada hal yang secara khusus baik untuk asma yaitu vitamin E. Almond, hazelnut, dan biji-bijian, brokoli dan kangkung merupakan sumber vitamin E. Vitamin E memiliki tokoferol yang membantu mengurangi batuk dan mengi dari asma.
 
Tujuh Makanan Ringankan Gejala Asma
(Ikan baik untuk penderita asma. Foto: Pexels.com)

Diet mediterania

Diet ini terdiri dari buah, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan. Makan ikan dan ayam setidaknya dua kali seminggu, dan batasi asupan daging merah. Ganti mentega dengan minyak zaitun atau canola. Perubahan diet mengurangi serangan asma.

Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega-3, terutama ikan berlemak seperti salmon, herring, tuna, dan sarden. Mereka membantu mengurangi jumlah IgE yang dihasilkan tubuh. Itu adalah antibodi yang menyebabkan masalah pernapasan pada beberapa orang dengan asma.

Tomat

Makanan yang terbuat dari tomat tampaknya membantu penderita asma. Para ilmuwan menduga lycopene ada di baliknya, namun perlu penelitian lebih lanjut. Beberapa penelitian menunjukkan lycopene membuat pernapasan lebih baik dalam jangka panjang.

Variasi makanan

Tidak ada satu makanan super yang dapat menyembuhkan asma. Tubuh membutuhkan beragam nutrisi dan vitamin untuk mencegah dan menangani serangan asma. Diskusikan dengan dokter mengenai perubahan diet yang dapat memengaruhi asupan obat-obatan.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif