Beraktivitas seperti berkebun, membersihkan rumah atau sekedar bersosialisasi dengan tetangga memiliki manfaat lebih besar bagi kesehatan daripada duduk menonton televisi. (Foto: Pexels.com)
Beraktivitas seperti berkebun, membersihkan rumah atau sekedar bersosialisasi dengan tetangga memiliki manfaat lebih besar bagi kesehatan daripada duduk menonton televisi. (Foto: Pexels.com)

Lakukan 2 Cara Ini Setiap Hari untuk Jantung Sehat

Rona kesehatan jantung
Torie Natalova • 12 Maret 2019 08:09
Salah satu cara mudah untuk jantung sehat adalah mengurangi menonton televisi. Temuan ini menyarankan pesan yang jelas untuk mengurangi menonton televisi setiap hari. Bahkan, beraktivitas seperti berkebun, membersihkan rumah atau sekedar bersosialisasi dengan tetangga memiliki manfaat lebih besar bagi kesehatan daripada duduk menonton televisi.
 

 
Jakarta:
Memiliki tubuh bugar dan terhindar dari penyakit berbahaya adalah tujuan yang ingin dicapai setiap orang. Banyak metode atau cara yang dilakukan untuk selalu sehat, mulai dari diet sehat, beragam metode olahraga hingga mengelola stres dengan cara meditasi atau yoga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada begitu banyak cara sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan sehingga menyulitkan kita untuk mengetahui dari mana memulainya. Kemudian muncul pertanyaan seperti perubahan kecil mana yang memiliki dampak terbesar? Apakah ada di antara mereka yang benar-benar dapat membuat perbedaan?
 
Menurut penelitian terbaru, ada dua perubahan gaya hidup sederhana yang dapat secara signifikan mengurangi risiko Anda terkena serangan jantung atau stroke.
 
Berdasarkan penelitian tersebut, orang-orang yang menghabiskan lebih sedikit waktu menonton TV dan secara teratur makan sarapan kaya energi, memiliki lebih sedikit plak dan kekakuan di arteri mereka.
 
Para peneliti menilai data yang dikumpulkan dari 2.000 orang dengan rentang usia 40-99 tahun yang tinggal di Yunani. Beberapa dari mereka sehat, dan yang lain memiliki penyakit jantung atau berisiko terkena serangan jantung dan stroke. 
 
Lakukan 2 Cara Ini Setiap Hari untuk Jantung Sehat
(Beraktivitas seperti berkebun, membersihkan rumah atau sekedar bersosialisasi dengan tetangga memiliki manfaat lebih besar bagi kesehatan daripada duduk menonton televisi untuk mendapatkan jantung yang sehat. Foto: Pexels.com)
 
(Baca juga: Berapa Lama Waktu Tidur Ideal untuk Jantung Sehat?)
 
Setelah memperhitungkan faktor risiko tersebut, para ilmuwan menemukan bahwa orang yang menonton TV paling banyak (lebih dari 21 jam per minggu), hampir dua kali lipat lebih mungkin mengalami penumpukan plak dibandingkan dengan peserta yang menonton TV kurang dari tujuh jam per minggu.
 
Menurut ahli jantung dan penulis utama studi, Sotirios Tsalamandris, ini memberitahu kita bahwa sangat penting untuk menghindari duduk atau berbaring dalam waktu yang lama. 
 
Temuan ini menyarankan pesan yang jelas untuk mengurangi menonton televisi setiap hari. Bahkan, beraktivitas seperti berkebun, membersihkan rumah atau sekedar bersosialisasi dengan tetangga memiliki manfaat lebih besar bagi kesehatan daripada duduk menonton televisi.
 
Selain mengurangi menonton televisi, temuan ini menunjukkan bahwa mengonsumsi sarapan berenergi tinggi dapat menyehatkan arteri.
 
Lebih khusus lagi, orang yang melewatkan sarapan memiliki kekakuan arteri abnormal 15 persen. Angka tersebut turun menjadi 8,7 persen untuk mereka yang makan sarapan berenergi rendah dan sarapan berenergi tinggi.
 
Anda dapat menyiapkan sendiri sarapan kaya energi yang terdiri dari serat dan protein tinggi seperti biji-bijian, gandum, telur, apel ataupun selai kacang untuk jantung sehat Anda.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif