Ada beberapa tips singkat dalam merawat Orang Dengan Dementia atau ODD. Berikut selengkapnya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Ada beberapa tips singkat dalam merawat Orang Dengan Dementia atau ODD. Berikut selengkapnya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Tips Merawat dan Mendampingi Orang dengan Demensia

Rona kesehatan demensia covid-19
Yatin Suleha • 14 September 2020 15:19
Jakarta: Demensia Alzheimer dapat diawali dengan gejala gangguan penurunan fungsi otak yang memengaruhi emosi, daya ingat, dan pengambilan keputusan seseorang atau biasa disebut pikun. 
 
Kondisi ini harus diwaspadai karena lambat laun dapat memengaruhi kehidupan sosial seseorang, bahkan membawa dampak terhadap kepribadian mereka.
 
Dan Yayasan Alzheimer Indonesia (ALZI) kembali menyelenggarakan webinar dalam rangka memeringati bulan Alzheimer sedunia ke-9 yang bertema “Let’s talk about Dementia” atau “Mari Berbicara Seputar Demensia”. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Webinar yang berlangsung pada Sabtu, 12 September 2020 kemarin ini membahas “Tips Merawat dan Mendampingi Orang dengan Demensia” yang perlu diketahui masyarakat khususnya selama pandemi covid-19.
 
“Orang Dengan Demensia (ODD) kerap merasa mudah lupa, sulit fokus, disorientasi, hingga memiliki gangguan untuk berkomunikasi, sehingga hal ini dapat memengaruhi keadaan jiwa dan pikiran," ujar Trainer Dementia Care dan Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) Azam David Saifullah, BSN, MSc. 
 
"Dengan mengenali gejala-gejala umum, kita dapat mendapatkan gambaran deteksi dini dan penanganan kasus demensia Alzheimer lebih awal, seperti memahami bagaimana secara tepat merawat Orang Dengan Demensia (ODD), hingga meminta bantuan profesional atau paid caregivers,” tambahnya lagi.
 
 
Halaman Selanjutnya
  Dalam kondisi covid-19 dan…
Read All


social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif