Apa manfaat lain dari sarapan? Berikut ini informasinya. (Foto: Pexels.com)
Apa manfaat lain dari sarapan? Berikut ini informasinya. (Foto: Pexels.com)

Manfaat Lain dari Sarapan

Rona kesehatan manfaat sarapan
Medcom • 19 Januari 2020 05:00
Jakarta: Sarapan menjadi penentu kondisi Anda dalam memulai aktivitas. Tapi karena kesibukan Anda, terbangun dari tidur saja sudah terburu-buru. Padahal, energi dalam tubuh hanya dapat bertahan dalam waktu 8-10 jam. 
 
Saat Anda tidur, tubuh tetap menyerap energi untuk bekerja di pagi hari. Sehingga, kadar gula dalam tubuh, glikogen, dan insulin bisa berkurang drastis. 
 
Konsultan gizi klinis, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K) berpendapat bahwa kurangnya kadar gula dalam tubuh, glikogen, dan insulin menjadi penyebab tubuh terasa lemas saat terbangun. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karenanya tubuh harus mendapat asupan makanan yang bernutrisi dalam membentuk energi untuk menyokong aktivitas harian menjadi lebih baik. 
 
Ia menambahkan, porsi sarapan harus mengandung nutrisi yang cukup minimal 25-35 persen dari total kalori harian. 
 
Manfaat Lain dari Sarapan
(Selain mengenyangkan, sarapan juga dapat menjaga kestabilan mood seseorang.Foto: Pexels.com)

Sarapan dan mood

Tapi, ternyata sarapan juga punya manfaat penting selain memberikan energi pada tubuh, yaitu sarapan dapat menjaga kestabilan mood seseorang. 
 
Fakta lainnya menunjukkan bahwa orang yang sarapan terlebih dahulu, mampu mengurangi rasa lapar di siang hari sehingga dapat menghindari peningkatan berat badan. 
 
Banyak studi memaparkan, mereka yang tidak melewatkan sarapan memiliki konsentrasi yang lebih baik karena sarapan membantu perbaikan gula dalam tubuh setelah menurun drastis ketika tidur. 

Triknya

Untuk menghindari melewatkan sarapan, Anda perlu mengetahui triknya. Jika Anda selalu terburu-buru di pagi hari, sesuaikan jenis sarapan seperti roti gandum, buah, atau susu sebagai menu pilihan Anda. 
 
Sebagai alternatif, Anda juga dapat menyiapkan sarapan di malam hari, sehingga pada saat pagi hari, Anda tinggal menghangatkan makanan tersebut. Dengan begitu, tidak membuang banyak waktu. 
 
Tetapi, sarapan juga tidak boleh asal makan dan porsinya perlu diperhatikan karena jika berlebihan tidak baik. 
 
Seperti apa yang diterapkan Josh Axe. Seorang dokter ahli kimia sekaligus penulis buku tentang nutrisi dan pola makan sehat, salah satunya “Essential Oils: Ancient Medicine for a Modern World.”
 
Untuk sarapan yang sehat, menurut Axe, Anda bisa mengombinasikan protein dan lemak baik. Misalnya telur dan alpukat karena keduanya membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah fluktuasi gula darah. 
 
Banyak kebaikan yang diberikan jika terbiasa melakukan sarapan. Tidak perlu banyak, yang terpenting adalah porsi dan menu makanannya tepat. Jadi, sisihkan waktu untuk sarapan ya. 
 

Kintan Namira
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif