Mengatasi Masalah Gatal saat Menopause (Foto: gettyimages)
Mengatasi Masalah Gatal saat Menopause (Foto: gettyimages)

Mengatasi Masalah Gatal saat Menopause

Rona menopause
Sri Yanti Nainggolan • 25 Agustus 2018 08:00
Jakarta: Menopause membuat tubuh menjadi tak nyaman dengan berbagai gejala yang dialami seperti perubahan suasana hari, vagina kering, keringat malam hari, gangguan tidur, hingga gatal pada daerah intim, tubuh, dan wajah.
 
Pemicu rasa gatal tersebut adalah perubahan hormon yang mengganggu kulit. Gejala tersebut disebut dengan pruritus vulva, yang dapat memicu rasa sakit dan membuat hubungan seksual menyakitkan.
 
Untuk mengatasinya, cobalah beberapa cara berikut agar rasa gatal berkurang selama masa menopause.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Menjaga kelembapan
Pastikan kelembapan kulit terjaga untuk membantu mengurangi kekeringan yang menyebabkan gatal. Gunakan pelembap bebas bau dan alamia seperti minyak kelapa atau gel lidah buaya bila tingkat kekeringan cukup parah.
 
2. Mandi dengan oatmeal
Gunakan oatmeal (bubuk atau koloid) saat mandi dengan dicampurkan air hangat. Oatmeal terdiri dari serat dan selulosa sehingga membantu dalam melembutkan kulit. Hindari menggunakan air panas untuk mandi karena mengeringkan kulit, memicu rasa gatal, dan iritasi kulit.
 
3. Kompres basah
Menggunakan kompres dingin untuk membasahi pakaian dan menempelkannya di daerah kulit  yang kering membantu menenangkan iritasi. Kompres basah juga membantu menjaga kelembapan kulit bahkan mencegah gangguan saat tidur.
 

 
 
(ELG)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif