Kekambuhan terhadap narkoba dapat dipicu oleh berbagai peristiwa atau emosi. Termasuk stres, kebosanan, kelelahan. (Foto: Courtesy of Respectability.org)
Kekambuhan terhadap narkoba dapat dipicu oleh berbagai peristiwa atau emosi. Termasuk stres, kebosanan, kelelahan. (Foto: Courtesy of Respectability.org)

Penyebab Pecandu Narkoba Alami Kekambuhan dan Cara Mengatasinya

Rona narkoba demi lovato
Anda Nurlaila • 04 Juli 2019 09:59
Sherrie Campbell eorang spesialis kecanduan dan penulis "Success Equations: A Path to Living an Emotionally Healthy Life" mengatakan kesepian bisa menjadi penyebab kekambuhan. Pada kasus Lovato, dalam hipotesis Campbell, kekambuhan terjadi saat dia tidak dalam hubungan. Kekambuhan dapat dipicu oleh berbagai peristiwa atau emosi. Termasuk stres, kebosanan, kelelahan, atau tekanan dari orang lain atau situasi.
 

Jakarta: Awal tahun ini Demi Lovato dilarikan ke rumah sakit akibat overdosis obat terlarang. Penyanyi 25 tahun tersebut tidak sadarkan diri saat paramedis tiba di rumahnya di Los Angeles. Dia memeroleh pertolongan dengan obat darurat Narcan yang membalikkan efek overdosis narkotika.  
 
Sempat mengunggah status di media sosial untuk memperingati tahun keenam dirinya bersih menggunakan narkoba, kekambuhan ini tentu mengejutkan banyak pihak. Mengutip Health, kekambuhan adalah hal yang umum bahkan setelah bertahun-tahun seseorang hidup bersih. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seorang spesialis kecanduan dan penulis "Success Equations: A Path to Living an Emotionally Healthy Life" Sherrie Campbell mengatakan, "Hidup terbebas dari kecanduan setelah bertahun-tahun tidak memberi ketenangan permanen, karena kekambuhan bisa terjadi sewaktu-waktu," katanya.
 
Inilah beberapa hal yang para ahli kecanduan ingin Anda ketahui:
 
Penyebab Pecandu Narkoba Alami Kekambuhan dan Cara Mengatasinya
(Pada kasus Lovato, dalam hipotesis Campbell, kekambuhan terjadi saat dia tidak dalam hubungan. Kekambuhan terhadap narkoba juga dapat dipicu oleh berbagai peristiwa atau emosi. Termasuk stres, kebosanan, atau kelelahan. Foto: Courtesy of Pop Culture)

1. Kekambuhan terjadi karena berbagai alasan

Bersih dari narkoba selama bertahun-tahun bisa saja menjadi sulit karena mudah meyakinkan diri sendiri bahwa kita sudah terbebas sepenuhnya dari pengaruh narkoba. 
 
Sehingga banyak yang keliru menganggap diri aman untuk kembali mencoba lagi. Kekambuhan dapat dipicu oleh berbagai peristiwa atau emosi. Termasuk stres, kebosanan, kelelahan, atau tekanan dari orang lain atau situasi.
 
Kesepian bisa menjadi penyebab kekambuhan. Pada kasus Lovato, dalam hipotesis Campbell, kekambuhan terjadi saat dia tidak dalam hubungan. Hidup melajang bisa membuat emosi lebih labil. 
 
Semakin lama seseorang bersih dari narkoba semakin baik peluang menjauh dari narkoba secara permanen. Direktur Research Institute of Addictions di University of Buffalo  Kenneth Leonard kepada Health mengatakan kecanduan menyebabkan perubahan jangka panjang di otak. "Orang terus mengalami keinginan untuk kembali menggunakan obat-obatan," katanya. 

2. Genetika dan kondisi kesehatan mental jadi tantangan

Bagi banyak mereka yang kecanduan dan berjuang lepas dari kecanduan, genetika mungkin berperan penting. Lovato pernah mengakui bahwa ayahnya seorang pecandu narkoba dan alkohol. 
 
Kondisi psikologis juga membuat orang lebih rentan terhadap kecanduan narkoba dan kambuh setelah pengobatan. Didiagnosis dengan gangguan bipolar, Lovato juga pernah dirawat untuk gangguan bulimia dan kecenderungan melukai diri sendiri. 
 
Kondisi ini sering kali beriringan dengan kecanduan. "Narkoba dan alkohol sering dipilih sebagai jalan pintas mencari kebahagiaan. Tapi kebahagiaan sejati datang dari kerja keras, komitmen, dan evaluasi diri setiap hari. Peluang terbaiknya adalah menjalani hidup dengan tanggung jawab daripada memberontak." 

3. Bersih untuk kedua kali lebih sulit tapi memungkinkan

Bagian tersulit untuk pulih dari kecanduan pada kali kedua adalah mengatasi dan mengelola kekecewaan dan rasa malu akibat kekambuhan. Terutama bagi tokoh publik yang merasa seperti "mengecewakan dunia". "Tetapi memungkinkan bagi setiap orang untuk bersih secara permanen," Campbell menambahkan. 
 
Pulih dari kecanduan membutuhkan dukungan keluarga dan teman. Hal penting lainnya adalah pengobatan dan konseling perilaku dan psikologis. Sikap terbuka akan kecanduan dan kesembuhan bisa menjadi motivasi dan kekuatan untuk tetap hidup bersih dari narkoba sekali lagi. 
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif