Ada beberapa jenis sepatu yang membahayakan kesehatan. Berikut ini informasinya. (Foto: Pexels.com)
Ada beberapa jenis sepatu yang membahayakan kesehatan. Berikut ini informasinya. (Foto: Pexels.com)

Jenis Sepatu yang Membahayakan Kesehatan Kaki

Rona kesehatan tulang
Anda Nurlaila • 24 September 2019 16:22

Jakarta: Sepatu telah menjadi salah satu benda fesyen yang digandrungi baik wanita maupun pria. Berbagai jenis sepatu yang dipadupadankan dengan pakaian dianggap dapat meningkatkan penampilan.
 
Namun, jika salah memilih sepatu Anda dapat merugikan kesehatan kaki. Sepatu yang tidak sesuai dapat mengakibatkan perubahan bentuk tulang, bunion, hingga rasa nyeri.
 
WebMD  menulis ada beberapa jenis sepatu yang membahayakan kesehatan

1. Sepatu hak tinggi

Berapa pun tinggi hak sepatu yang Anda kenakan, sepatu bertumit tinggi akan menyakitkan bagian belakang tumit. Bagian keras sepatu akan menekan daerah bertulang yang akan menimbulkan posisi kaki yang tidak alami, lecet, pembengkakan, radang kandung lendir, dan rasa sakit pada tendon Achilles. Kompres es, ortotik atau bantalan tumit dapat mengurangi rasa sakit atau menggantinya dengan sepatu lebih sesuai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Posisi kaki yang tidak alami saat mengenakan sepatu tumit tinggi dapat menimbulkan stres kronis pada tulang kaki, keselo bahkan dapat menyebabkan patahnya garis rambut.
 
Solusi: Beralih ke sepatu bertumit lebih rendah akan membantu menghindari masalah dengan tulang metatarsal. Semakin rendah tumit sepatu Anda, semakin alami posisi kaki Anda. Pilih tumit yang tingginya tidak lebih dari dua inci atau lima cm.

2. Stiletto

Meskipun semua sepatu hak tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan, sepatu bertumit tipis alias stiletto sangat berisiko karena dapat membuat goyah saat berjalan. Anda lebih cenderung tersandung dan terkilir.
 
Solusinya adalah menggunakan sepatu dengan tumit yang lebih besar untuk menahan berat badan lebih merata. Meskipun sepatu hak tinggi tebal masih bisa memberi tekanan pada bola kaki, namun memberi dukungan lebih saat berjalan.
 
Jenis Sepatu yang Membahayakan Kesehatan Kaki
(Sembilan dari 10 wanita mengenakan sepatu yang terlalu kecil. Konsekuensinya kaki mengalami kapalan dan masalah lainnya. Foto: Pexels.com)

3. Sepatu balet

Sepatu ini tidak memberi dukungan lengkung yang dapat menyebabkan masalah lutut, pinggul, dan punggung. Dukungan lengkung yang buruk juga dapat menyebabkan kondisi kaki yang menyakitkan yang disebut plantar fasciitis.
 
Solusinya, gunakan sisipan ortotik untuk mencegah nyeri kaki ringan. Bantalan tumit dapat memberi bantalan ekstra untuk tumit yang pegal

4. Sandal jepit

Kaki mendapatkan perlindungan yang sangat sedikit, sehingga risiko mendapat luka, serpihan, dan cedera kaki lainnya lebih tinggi. Plus, seperti flat balet banyak sandal jepit tidak memberikan dukungan lengkungan yang memperburuk plantar fasciitis dan menyebabkan masalah pada lutut, pinggul, atau punggung.
 
Solusi: sandal dengan sol tebal membuat kaki tidak menyentuh tangan dan menjauhi benda-benda yang dapat menyebabkan luka. Sandal jenis ini dapat memiliki dukungan lengkung yang lebih baik.

5. Sepatu Platform dan Wedges

Gaya ini cenderung membuat kaki kaku dan menghambat kaki bergerak secara alami ketika berjalan. Jika tumit platform jauh lebih tinggi dari area jari kaki, sepatu juga memberi tekanan pada tulang metatarsal.
 
Solusi: gunakan sepatu flatform yang lebih datar agar dapat mengurangi ketegangan pada kaki Anda. Cari sol lebar atau platform yang hampir sejajar dengan tanah.

6. Sepatu berujung runcing

Pointy toes tidak nyaman karena membuat bagian depan kaki mengumpul. Seiring waktu penggunaan sepatu ini dapat menyebabkan nyeri saraf, bunion atau bejolan di jempol kaki, lecet, dan hammertoes atau lengkungan pada sendi kaki. Beberapa wanita bahkan mengalami memar di bawah kuku jari kaki mereka karena tekanan konstan.
 
Solusi: Cari sepatu dengan ruang yang lebih banyak di bagian depan. Gaya sepatu yang sehat tidak akan membuat ujung jari-jari kaki mengumpul. Anda juga bisa memilih bahan yang lebih lembut, daripada kulit yang kaku.

7. Hal yang sama untuk pria

Sama seperti wanita, hindari sepatu berujung lancip. Itu akan membantu mencegah hammertoes, bunion, dan rasa sakit. Untuk menghindari masalah ini, tetap menggunakan sepatu yang cenderung kotak.
 
Jenis Sepatu yang Membahayakan Kesehatan Kaki
(Posisi kaki yang tidak alami saat mengenakan sepatu tumit tinggi dapat menimbulkan stres kronis pada tulang kaki, keselo bahkan dapat menyebabkan patahnya garis rambut. Foto: Pexels.com)

8. Salah ukuran

Sembilan dari 10 wanita mengenakan sepatu yang terlalu kecil. Konsekuensinya kaki mengalami kapalan dan masalah lainnya. Menggosok kaki secara konstan dapat mengiritasi sendi di kaki dan menyebabkan radang sendi.

9. Sepatu Minimalis

Sepatu yang mengikuti bentuk kaki alami dan meniru cara berjalan tanpa alas kaki. Tidak ada penyangga atau penyerap goncangan. Beberapa sepatu yang memisahkan jari kaki dapat menghambat posisi berjalan kaki yang alami.

10. Ukur kaki sebelum membeli

Sebelum membeli sepatu baru, mintalah seorang profesional mengukur panjang dan lebar kaki Anda di sore hari sambil berdiri. Mereka dengan kaki datar atau lengkung tinggi yang tidak biasa, perlu menemui ahli penyakit kaki.
 
Kondisi ini dapat membuat Anda lebih mungkin terkena osteoartritis. Perawatan dini dan mengenakan sepatu yang tepat akan membantu kaki Anda tetap sehat.

Tips memilih sepatu

- Pastikan sepatu menekuk di bagian jari kaki tetapi tidak terlalu fleksibel.
- Pastikan ada dukungan lengkung yang cukup.
- Saat memilih sepatu bertumit, cari dengan ketebalan kurang dari 2 inci atau 5 sentimeter.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif