Jika Anda merasa stres, cemas, atau kewalahan selama di rumah di tengah pandemi covid-19, luangkan waktu Anda untuk melakukan latihan pernapasan sederhana. (Ilustrasi/Pexels)
Jika Anda merasa stres, cemas, atau kewalahan selama di rumah di tengah pandemi covid-19, luangkan waktu Anda untuk melakukan latihan pernapasan sederhana. (Ilustrasi/Pexels)

Latihan Pernapasan Bantu Tangani Stres selama di Rumah

Rona Virus Korona kesehatan paru-paru kecemasan virus corona covid-19 penyakit saluran pernapasan
Sunnaholomi Halakrispen • 13 Mei 2020 15:06
Jakarta: Jika Anda merasa stres, cemas, atau kewalahan selama di rumah di tengah pandemi covid-19, luangkan waktu Anda untuk melakukan latihan pernapasan sederhana. Metode tersebut akan membantu Anda merasa santai dan segar.
 
Dikutip dari Reader's Digest, ada sejumlah cara pernapasan terbaik yang bisa Anda coba. Salah satunya, tarik napas melalui hidung sambil menghitung hingga empat, tahan napas dan hitung sampai tujuh, lalu buang napas melalui mulut sambil menghitung hingga delapan.
 
Ulangi pola itu sebanyak tujuh kali. Selain itu, Chiropractor Jason Piken, DC, spesialis nutrisi bersertifikat dan pelatih kesehatan, mengatakan untuk menjaga lidah Anda tetap menempel di belakang gigi depan. Dengan cara ini, saat Anda mengeluarkan napas melalui mulut, Anda akan mengeluarkan suara mendesis. Berikut latihan lainnya.

1. Pernapasan diafragma

Berbaringlah telentang untuk latihan pernapasan ini dengan satu tangan di dada bagian atas dan tangan yang lainnya tepat di bawah tulang rusuk Anda. Bernapas perlahan melalui hidung, rasakan perut Anda bergerak. Laura Sage, CEO CH / LL Meditation, menyatakan bahwa latihan ini membantu menenangkan sistem saraf, memperkuat diafragma, meningkatkan relaksasi, dan meningkatkan kadar oksigen dalam aliran darah.

2. Napas yang tertahan

"Napas ini sangat berguna jika Anda ingin mencapai rasa penarikan dan konsentrasi, yang merupakan elemen yang diperlukan untuk mencapai meditasi yang lebih dalam," tutur yogi dan terapis terlatih Shara Tiffani.
 
Maka, gunakanlah teknik napas ini jika Anda membutuhkan bantuan untuk tetap tenang di bawah banyaknya tekanan pikiran. Untuk memulainya, letakkan satu tangan di perut Anda dan rilekskan otot perut Anda. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perlahan-lahan tarik napas melalui hidung Anda, membawa udara ke bagian bawah paru-paru Anda, dan terus menarik napas saat paru-paru Anda mengembang dan tulang selangka Anda mulai naik. Pada puncak inhalasi, berhentilah sejenak dan kemudian buang napas dari atas paru-paru ke bawah.

3. Bernapas dalam sepertiga

Ini adalah salah satu dari banyak latihan pernapasan yang membantu mengatasi kecemasan dan ketegangan. Untuk memulainya, tarik napas sepenuhnya. Kemudian hembuskan sepertiga dari napas dan jeda, hembuskan sepertiga dan berhentilah, dan buang sisa napas dan jeda. 
Ulangi metode itu sebanyak yang Anda butuhkan. Laura Sage merekomendasikan latihan ini untuk orang yang ingin meningkatkan relaksasi dan meningkatkan kapasitas paru-paru mereka.

4. Napas yang menenangkan

Jika Anda ingin meningkatkan relaksasi, menenangkan sistem saraf, dan meredakan sesak napas, Laura Sage menyarankan agar Anda mencoba teknik pernapasan yang menenangkan. 
Untuk latihan pernapasan ini, tarik napas selama dua hitungan, tahan selama tiga hitungan, dan buang napas untuk empat melalui bibir yang mengerucut. Cobalah 8 meditasi mini ini untuk menghilangkan stres.

5. Napas transformasional

Kennedy merekomendasikan napas transformasi bagi orang yang ingin mengubah pikiran dan tubuh mereka dengan menghirup yang positif dan menghembuskan yang negatif. Mulailah dengan menghirup hidung Anda secara sadar, amati ekspansi perut Anda. Lalu, buang napas perlahan melalui hidung, lepaskan perut Anda. 
 
"Tarik napas energi, hembuskan ketegangan. Tarik napas kekuatan, keluarkan rasa takut. Tarik napas sukacita, keluarkan kesedihan. Tarik napas kepercayaan diri, hembuskan keraguan diri. Tarik napas saat ini, hembuskan masa lalu. Dengan setiap inhalasi, bawa dirimu menjadi atribut kebesaran dan rasakan dirimu diperkuat," jelasnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif