Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Suplemen Herbal Efektif Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Rona obat herbal
Sunnaholomi Halakrispen • 02 Juli 2020 14:05
Jakarta: Upaya meningkatkan daya tahan tubuh sangat dianjurkan di tengah pandemi covid-19 saat ini. Salah satu cara paling mudah ialah dengan mengonsumsi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.
 
Suplemen banyak macamnya, baik itu terbuat dari bahan herbal maupun non herbal. Menurut Pakar Biomolekular Universitas Brawijaya Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc., suplemen yang terbuat dari bahan alam efektif untuk meningkatkan sistem imun.
 
"Saya yakin bahan alam yang bagus dan baik sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Banyak referensi yang mengatakan bahwa bahan-bahan alami terutama yang dimanfaatkan secara tradisional bisa digunakan sebagai antivirus, antiiflamasi," ujar Prof. Widodo, dalam webinar Tangguh Hadapi New Normal dengan H2 Cordyceps oleh Kalbe.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Prof. Widodo menyatakan bahwa bahan dari alam biasanya bekerja secara sistematis dan membuat tubuh kita menjadi balance. Hal inilah yang membuat kesehatan tubuh kita semakin terjaga.
 
"Bahan dari alam kita cukup banyak, misal jahe merah, ekstrak nanas, jamur cordyceps, mungkin bisa menstimulasi atau menyeimbangkan sistem imun," tuturnya.
 
"Dalam kajian yang saya lakukan, Jamur Cordyceps militaris merupakan salah satu bahan natural terbaik untuk memperkuat imunitas tubuh karena mengandung cordycepin, adenosin, dan polisakarida," tambahnya.
 
Prof. Widodo memaparkan, ketiga kandungan tersebut menjadi paket komplit yang membuat jamur cordyceps militaris berpotensi sebagai antivirus. Dan tentunya untuk meningkatkan daya tahan tubuh pasien covid-19.
 
"Selain itu, beberapa referensi juga menyebutkan karena kandungan adenosinenya, jamur cordyceps memiliki potensi untuk mengurangi gejala sesak atau ganguan pernapasan," paparnya.
 
Lantaran demikian, PT Kalbe Farma (Tbk) melakukan inovasi untuk perkembangbiakan jamur cordyceps, yaitu melalui metode kultur jaringan. Dengan metode ini, jamur dapat lebih cepat dipanen, namun stabilitas kandungan bahan aktif dan hieginitas produk tetap terjamin serta bebas kontaminasi. Inovasi tersebut dikemas menjadi produk H2 Cordyceps
 
"Saat ini kami sudah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk terus melengkapi data efikasi dan keamanan produk H2 Cordyceps. Selain bukti-bukti empiris dan penelitian yang sudah dilakukan terhadap jamur cordyceps di luar negeri, kami juga sudah melakukan uji preklinik dan keamanan produk H2 Cordyceps militaris ini dengan universitas di Surabaya," ucap Medical Manager Kalbe Consumer Health PT Kalbe Farma Tbk, dr. Helmin Agustina Silalahi.
 
Selain itu, kata dr. Helmin, produk H2 Cordyceps juga dapat menjadi imunomodulator yang menjaga keseimbangan sel imun. Sebab, mengandung imunostimulan untuk memperkuat sistem imun dan sekaligus mengandung imunosupresi yang berfungsi untuk menekan reaksi sistem imun yang berlebih.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif