Amarah atau munculnya kemarahan berisiko membuat stres dan berujung memengaruhi kesehatan mental yang lebih buruk. (Ilustrasi/Pexels)
Amarah atau munculnya kemarahan berisiko membuat stres dan berujung memengaruhi kesehatan mental yang lebih buruk. (Ilustrasi/Pexels)

Penyebab Munculnya Kemarahan

Rona psikologi
Sunnaholomi Halakrispen • 22 Januari 2020 15:27
Jakarta: Amarah atau munculnya kemarahan berisiko membuat stres dan berujung memengaruhi kesehatan mental yang lebih buruk. Seperti dimuat WebMD, sebelum risiko terberat itu terjadi, ketahuilah penyebab dari munculnya kemarahan tersebut.
 
1. Pukulan
 
Suasana hati Anda mungkin sulit dikelola setelah Anda terserang stroke, terutama jika Anda mengalami kerusakan pada bagian otak Anda yang membantu mengatur emosi Anda. Biasanya merasa frustrasi, cemas, sedih, dan marah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


2. Penyakit alzheimer
 
Perubahan suasana hati dan kepribadian bisa menjadi tanda awal dari ini. Seringkali perubahan ini muncul dengan tanda mudah marah, terutama ketika Anda berada di luar zona nyaman Anda. Penting untuk dicatat, jika selain menjadi marah, Anda menjadi pelupa, bingung, atau Anda mulai berjuang untuk berkata-kata.
 
3. Autisme
 
Ketika Anda memiliki autisme, perubahan yang tidak direncanakan bisa lebih sulit untuk ditangani. Gangguan sederhana dalam jadwal Anda mungkin cukup untuk membuat Anda pergi menjauh. 
 
Agresi, reaksi berlebihan terhadap suara keras atau suara bising dan bahkan menyakiti diri sendiri. Semua hal itu bisa menjadi gejala autisme.
 
4. Depresi
 
Merasa kesal pada semua orang dan segalanya? Gelisah dan Anda tidak tahu mengapa rasa gelisah bisa muncul? Depresi seringkali disertai dengan amarah yang dapat membuat Anda frustrasi tanpa alasan. Anda juga bisa mudah marah.
 
5. Diabetes
 
Penurunan besar gula darah Anda dapat membawa perubahan besar pada perilaku Anda. Anda mungkin merasa marah, menangis, atau bingung. Jika Anda menderita diabetes untuk sementara waktu, Anda mungkin tidak memiliki gejala gula darah rendah yang lebih ringan dan langsung beralih ke gejala yang lebih serius ini.
 
6. Epilepsi
 
Ini jarang terjadi, tetapi jenis kejang epilepsi tertentu yang disebut kejang parsial sederhana dapat mengacaukan emosi Anda dan menyebabkan perasaan marah dan marah. Misalnya, kejang parsial yang Anda miliki saat bangun hanya memengaruhi satu sisi otak.
 
Sementara itu, kemarahan adalah emosi yang normal, tetapi jika Anda sering merasa tidak nyaman sehingga memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda, inilah saatnya untuk mengambil tindakan. Anda menahannya untuk waktu yang lama, namun perlahan menjadi kasar secara verbal atau fisik.
 
Jika Anda memiliki alasan medis untuk kemarahan Anda, Anda masih dapat berusaha untuk mengendalikannya. Olahraga, pernapasan dalam, visualisasi, dan relaksasi otot, dapat membantu respons tubuh Anda. 
 
Anda juga dapat bekerja untuk menghindari pemicu kemarahan Anda dan belajar cara untuk menyesuaikan pemikiran Anda untuk menciptakan reaksi yang berbeda. Jika tak mampu menanganinya sendirian, berdiskusilah dengan ahlinya atau dokter.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif