Sebuah acara TV dapat dianggap merusak kesehatan mental Anda jika Anda merasakan peningkatan gejala dari gangguan mental. (Foto: Sven Scheuermeier/Unsplash)
Sebuah acara TV dapat dianggap merusak kesehatan mental Anda jika Anda merasakan peningkatan gejala dari gangguan mental. (Foto: Sven Scheuermeier/Unsplash)

4 Dampak Negatif dari Menonton Televisi bagi Kesehatan Mental

Rona kesehatan mental
Raka Lestari • 25 Juli 2019 14:27
Sesuatu yang berlebihan tak pernah disarankan. Apalagi ketika Anda menonton televisi dengan terlalu lama dan dengan acara yang buruk. Jika tak dihentikan, maka berpengaruh pada kesehatan mental Anda.
 
Jakarta: Menonton televisi merupakan aktivitas yang kerap dilakukan. Terutama ketika waktu senggang atau pada akhir pekan.
 
Apalagi ditemani makanan dan minuman kesukaan, menonton televisi menjadi sangat menyenangkan. Namun masih banyak orang yang belum tahu, kalau menonton televisi juga memiliki dampak bagi kesehatan mental Anda.
 
Seperti yang dipaparkan oleh para ahli, ada sejumlah tanda fisik dan mental yang mengharuskan Anda berhenti sejenak menonton televisi. Seperti berikut ini:

1. Membuat kesehatan mental semakin buruk

"Sebuah acara TV dapat dianggap merusak kesehatan mental Anda jika Anda merasakan peningkatan gejala dari gangguan mental yang memang sudah Anda rasakan sebelumnya," ujar Emmy Crouter, MSW, LSW, seorang psikoterapis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Misalnya, jika Anda adalah seseorang yang sering memelintir rambut Anda ketika kecemasan Anda mulai memburuk, atau ketika menonton sebuah acara televisi gejala tersebut malah bertambah parah, itu mungkin merupakan tanda bahwa sudah saatnya untuk berhenti sejenak.

2. Anda menjadi selalu kepikiran acara televisi tersebut

Ketika Anda menyukai suatu acara di televisi, sangat umum untuk membicarakannya dengan teman-teman atau keluarga Anda. Tetapi jika Anda menjadi terlalu asyik atau cenderung terobsesi dengan acara tersebut, maka itu bisa berdampak negatif pada kesehatan mental Anda.
 
"Misalnya, jika Anda terus mengulang adegan kekerasan pada acara tersebut dalam pikiran Anda, Anda mungkin perlu beristirahat sejenak dari acara tersebut," kata Crouter.

3. Membuat Anda ketakutan

"Jika sebuah acara memicu sejarah trauma pada diri Anda sendiri, Anda mungkin sebaiknya memilih acara yang lain. Tujuan memilih pertunjukan yang tepat adalah untuk menghindari trauma yang  berulang,"  kata Crouter.
 
Misalnya, jika Anda kehilangan orang yang dicintai karena bunuh diri, Anda sebaiknya menghindari menonton acara dengan tema itu, sampai Anda berhasil mengatasi trauma tersebut.
 

4. Acara televisi yang membuat Anda merasa tidak berharga

Jika menonton acara tersebut membuat Anda membanding-bandingkan kehidupan diri sendiri dengan orang lain sebaiknya dihindari. Sebab membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah perebut kebahagiaan.
 
"Acara yang membuat Anda memiliki pandangan negatif terhadap diri Anda tidak ideal untuk ditonton. Anda juga tidak perlu mengekspos diri terhadap hal-hal yang membuat Anda merasa tidak mampu," tandas Courter.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif