Konsumsi Susu Turunkan Risiko Penyakit pada Anak Penderita Obesitas

Sri Yanti Nainggolan 27 Mei 2018 12:42 WIB
studi kesehatan
Konsumsi Susu Turunkan Risiko Penyakit pada Anak Penderita Obesitas
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Obesitas dapat memicu banyak penyakit. Namun, bukan berarti tak ada cara untuk menghindarinya, terutama pada anak-anak. Sebuah studi menyebutkan bahwa konsumsi minimal dua gelas susu sapi tiap hari dapat menurunkan risiko sindrom metabolik.

Sindrom metabolik adalah adanya minimal tiga dari lima kondisi yang meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Lima kondisi tersebut adalah tekanan darah tinggi, gula darah tinggi atau trigliserida, kelebihan lemak perut, dan kadar kolesterol baik yang rendah.

Hasilnya, anak yang minum kurang dari satu gelas susu tiap hari memiliki kadar insulin puasa yang lebih tinggi secara signifikan dibandingkan mereka yang minum minimal dua gelas. Insulin puasa yang lebih rendah menunjukkan kontrol gula darah yang lebih baik


"Penemuan kami mengindikasikan bahwa anak obesitas yang mengonsumsi susu minimal sesuai rekomendasi mampu mengatur gula dan terlindungi dari sindrom metabolik," ujar peneliti Michael Yafi dari Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Texas, Amerika Serikat.

Studi tersebut menganalisa 353 anak dan remaja obesitas berusia tig ahingga 18 tahun dan mencatat informasi tentang asupan susu, jenis usus, asupan minuman bergula, glukosa darah puasa, dan sensitivitas insulin.

Hasilnya, anak yang minum minimal dua gelas susu per hari tak memiliki hubungan dengan asupan susu dan glukosa darah atau tingkat lipid.

Studi lain, yang dipresentasikan pada ECO 2018, menyatakan bahwa produk susu tidak memiliki kaitan dalam perkembangan obesitas, seperti yang dipikirkan sebelumnya.

Menurut para peneliti, tidak ada bukti yang ditemukan untuk menunjukkan bahwa kegemukan tubuh ditentukan berdasarkan jenis susu, produk susu, atau dengan usia anak-anak.


 



(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id