Tes alergi sejak bayi dinilai penting. Hal ini agar Anda tak kesulitan memberikan makanan pada si kecil. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Tes alergi sejak bayi dinilai penting. Hal ini agar Anda tak kesulitan memberikan makanan pada si kecil. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Tes Alergi Sejak Bayi Dinilai Penting

Rona keluarga perkembangan anak alergi pada bayi
Sunnaholomi Halakrispen • 13 Mei 2020 08:07
Jakarta: Walaupun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, menunda pengenalan makanan alergi keluarga kepada bayi sebenarnya dapat meningkatkan risiko alergi. Hal tersebut dijelaskan oleh Akademi Alergi, Asma, dan Imunologi Amerika atau the American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology (AAAAI).
 
Maka demikian, diamati secara medis oleh Katherine Marengo, LDN, RD, spesialis nutrisi, dilansir dari Healthline, perkenalkanlah makanan alergi terbaik untuk bayi pada usia enam bulan. Pemeriksaan alergi bisa dilakukan dengan mendatangi dokter atau rumah sakit dan membuat janji uji alergi.
 
Cara lainnya, Anda bisa memperkenalkan langsung beberbagai makanan atau bahan makanan kepada bayi Anda, kemudian perhatikanlah bagaimana reaksinya terhadap makanan itu. Untuk bayi dengan dermatitis atopik yang ada, saudara kandung alergi kacang, atau reaksi alergi sebelumnya, bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selanjutnya, Anda pun harus mengingat makanan apa saja yang memiliki kandungan yang sama dengan makanan pemicu alergi tersebut. Misalnya pada buah-buahan, seperti nanas, dapat mengandung alergen yang ditemukan dalam makanan atau zat lain. 
 
Jika Anda alergi terhadap nanas, Anda mungkin juga alergi terhadap getah karet alam dan Anda mungkin mengalami gejala alergi ketika Anda terpapar barang-barang yang terbuat dari itu. 
 
Hal-hal yang terbuat dari lateks karet alam, mancakup sarung tangan rumah sakit, perban perekat, dan pembalut wanita. Kemudian, manset pemantauan tekanan darah, kondom, peralatan pegangan karet, mainan karet, maupun sikat gigi.
 
Orang yang alergi terhadap nanas mungkin juga alergi terhadap serbuk sari pohon birch atau pisang, yang dikenal sebagai sindrom alergi serbuk sari. 
 
Ketika menelan nanas mentah pun dapat menyebabkan gejala mulut atau tenggorokan yang dikenal sebagai sindrom alergi-oral, yang jarang menyebabkan anafilaksis.
 
Nanas yang dimasak biasanya ditoleransi oleh penderita alergi oral atau alergi serbuk sari. Nanas mentah juga mengandung enzim protease yang disebut bromelain yang dapat mengiritasi bibir atau kulit, tetapi biasanya juga tidak mengancam jiwa.
 
Komplikasi paling serius dari alergi nanas adalah anafilaksis. Anafilaksis adalah keadaan darurat medis dan dapat mengancam jiwa. Anda harus mencari bantuan medis segera jika Anda merasa mengalami anafilaksis. Gejalanya meliputi mengi, detak jantung yang cepat, sulit bernafas. 
 
Selain itu, pembengkakan pada lidah, bibir, atau tenggorokan, hilang kesadaran, semburat biru di sekitar bibir, ujung jari, atau jari kaki. Jika Anda pernah mengalami anafilaksis sebelumnya, dokter Anda kemungkinan akan meresepkan obat. 
 
Hubungi dokter untuk mengonsultasikan sebaiknya dimulai dengan makanan apa pada si kecil.

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif