Selain bisa meningkatkan perasaan bahagia musik juga bisa membantu permudah konsentrasi. (Foto: Pexels.com)
Selain bisa meningkatkan perasaan bahagia musik juga bisa membantu permudah konsentrasi. (Foto: Pexels.com)

Selalu Jaga Indra Pendengaran Saat Menikmati Musik

Rona kesehatan telinga
Dhaifurrakhman Abas • 15 April 2019 06:00
Musik favorit memang bikin Anda lupa waktu. Tapi, Anda berisiko kehilangan pendengaran permanen jika mendengar musik dalam batas wajar secara terus-terusan. Istirahatkan telinga Anda dari earphone Anda. Jangan mendengarkan musik selama lebih dari 60 menit sehari.
 

 
Jakarta:
Mendengarkan musik rupanya banyak manfaatnya. Selain bisa meningkatkan perasaan bahagia musik juga bisa membantu permudah konsentrasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak pelak, ada beberapa orang yang tak seharipun bisa hidup tanpa mendengarkan musik. Sebab musik dianggap satu-satunya cara untuk mendapatkan kestabilan hidup.  
 
Namun masalahnya, mendengar musik harus tak boleh sembarangan saja. Alias, ada aturannya. Anda tak dianjurkan mendengarkan musik atau terpapar kebisingan di atas 85 desibel. Mendengarnya pun tak boleh lebih dari delapan jam pada suatu waktu.
 
"Lebih dari itu, dapat menyebabkan reseptor pendengaran di organ corti yang terletak di telinga tengah mengalami kerusakan," kata Spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT), dr Hably Warganegara, dalam diskusi media dengan Rumah Sakit Pondok Indah, beberapa waktu lalu.
 
Sementara itu, menurut Times of India, Anda berisiko kehilangan pendengaran permanen jika mendengar musik dalam batas wajar secara terus-terusan. Bahkan kerusakan pendengaran meningkat pada remaja dan dewasa muda di seluruh dunia.
 
“Yang harusnya masalah pendengaran (terjadi) di usia 60-70 tahun, tapi umur 30-40 tahun sudah mengalami gangguan pendengaran," tutur Hably.
 
Nah, agar terhindar dari risiko yang lebih besar, ada baiknya Anda mendengar musik dalam batas wajar. Berikut penjelasannya melansir Times of India.
 
Selalu Jaga Indra Pendengaran Saat Menikmati Musik
(Mendengarkan musik rupanya banyak manfaatnya. Selain bisa meningkatkan perasaan bahagia musik juga bisa membantu permudah konsentrasi. Istirahatkan telinga setelah 60 menit mendengarkan musik favorit Anda. Foto: Pexels.com)
 
(Baca juga: Penyebab Munculnya Suara Letupan atau Retakan di Telinga)

1. Jangan lebih dari 60 menit sehari

Semua orang suka mendengarkan musik, tetapi Anda tidak bisa terus-menerus menyalakan pemutar musik sepanjang hari. Istirahatkan telinga Anda dari earphone Anda.
 
Jangan mendengarkan musik selama lebih dari 60 menit sehari. Ingat, kesehatan pendengaran Anda juga penting.

2. Peredam bising

Jika Anda suka mendengar musik melalui headphone, jangan lupa untuk membeli peredam telinga. Meski terlihat sepele, namun, peredam suara tersebut memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik lebih aman.
 
Soalnya kejernihan suara secara tidak langsung membuat Anda menahan godaan untuk meningkatkan volume pemutar musik.

3. Atur volume

Pemutar musik dapat menghasilkan volume maksimum 100 hingga desibel atau lebih. Mendengarkan musik pada level ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran dalam waktu yang sangat singkat. Selalu jaga volume pemutar musik Anda pada angka 60 persen.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif