Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Yoga ternyata Mampu Mengatasi Rasa Kangen

Rona yoga
Kumara Anggita • 04 Desember 2019 14:42
Jakarta: Rasa kangen dengan pasangan walaupun baru bertemu beberapa menit lalu adalah hal yang wajar. Ini karena adanya ikatan antara Anda dan pasangan.
 
Namun, Anda tidak perlu khawatir ini terus terjadi pada Anda, karena ada cara sehat yang bisa dilakukan untuk mengatasi perasaan kangen ke pasangan.
 
Berikut penjelasannya lebih lanjut tentang mengapa rasa kangen itu muncul yang dilansir dari Bustle.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Emosi cinta mengubah neurobiologi otak Anda," kata psikoterapis Puja Parikh, LCSW.
 
“Perasaan baik neurotransmitters dilepaskan ketika Anda memeluk, mencium, berhubungan seks, dan berbagi momen intim dengan pasangan. Anda membentuk ikatan dan Anda mengasosiasikan pasangan Anda dengan kesenangan dan kebahagiaan,” paparnya.
 
Saat Anda terikat dengan seseorang, otak Anda melepaskan bahan kimia seperti dopamin, oksitosin, dan serotonin. Judy Ho, PhD, neuropsikolog klinis mengatakan bahwa bahan kimia tersebut tidak hanya membuat Anda merasa baik dan membantu Anda mempertahankan rasa kesejahteraan.
 
Bahan-bahan tersebut menuntun Anda untuk mencari stimulus yang memberi Anda kesenangan di tempat pertama. Dalam hal ini, stimulus tersebut adalah pasangan Anda.
 
Karena itu, ketika Anda harus terpisah, Anda secara otomatis merasa kehilangan dan ingin bersamanya lagi. Ketika ini tidak bisa dilakukan, Anda jadi merasa kangen.
 
“Ketika Anda terpisah dari mereka, otak Anda secara naluriah akan mencari mereka untuk mendapatkan imbalan itu lagi," kata Ho.

Cara Mengatasi Rasa Kangen

Perasaan yang muncul ketika Anda merindukan pasangan menandakan bahwa otak Anda mencari mereka dan biasanya kadar oksitosin dan dopamin Anda turun. 
 
"Sentuhan fisik, koneksi seksual, dan koneksi perasaan meningkatkan level ini. Jika kita tidak mendapatkan dosis kimiawi bahagia alami kita, baiknya mulai mencari pengganti,” ujar Tara L. Skubella, pakar hubungan.
 
Ada banyak cara untuk mendapatkan penggantinya. Misalnya, Skubella menyarankan untuk meningkatkan jumlah sentuhan dalam sehari. Ini bisa sentuhan diri, dipijat, memeluk teman dan keluarga, dan memeluk hewan peliharaan Anda.
 
“Meditasi, yoga, earthing, dan pernapasan juga dapat membantu melepaskan oksitosin dan dopamin dengan cara yang sehat juga," kata Skubella.
 
Faktanya, sebuah studi pada 2013 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Psychiatry menemukan bahwa, dengan satu sesi yoga saja dapat membantu meningkatkan kadar oksitosin.
 
Selama Anda menangani perasaan Anda dengan cara yang sehat, tidak masalah jika Anda merindukan pasangan Anda walaupun baru saja bertemu. Semuanya normal.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif