Flu dapat bertahan lebih lama dari yang Anda sadari. Bahayanya, tetesan bersin bisa terbang. (Foto: Kelly Sikkema/Unsplash.com)
Flu dapat bertahan lebih lama dari yang Anda sadari. Bahayanya, tetesan bersin bisa terbang. (Foto: Kelly Sikkema/Unsplash.com)

Mitos Penyakit Flu, Ternyata Sebagian Benar

Rona virus flu burung
Sunnaholomi Halakrispen • 23 April 2019 19:27
Flu dapat bertahan lebih lama dari yang Anda sadari. Bahayanya, tetesan bersin bisa terbang. Flu atau influenza sendiri adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan (sistem yang terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru).
 

 
Jakarta:
Cuaca yang tak tentu atau pada musim pancaroba berisiko mempermudah tubuh terinfeksi virus dan bakteri. Penyakit yang paling mudah menjangkit masyarakat ialah flu atau pilek.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Flu dapat bertahan lebih lama dari yang Anda sadari. Bahayanya, tetesan bersin bisa terbang dan beberapa orang sebenarnya membutuhkan dua suntikan obat untuk mengatasi flu.
 
Mitos selanjutnya, virus flu dapat hidup sementara waktu di permukaan. Jika Anda berpikir organisme hidup seperti virus dan bakteri dapat mati dengan cepat ketika mereka tidak menginfeksi Anda, pikirkan lagi.
 
Ya, mitos tersebut benar adanya. Virus flu dapat hidup pada permukaan yang keras hingga satu hari, dapat hidup di udara dalam tetesan air seperti yang disebabkan oleh bersin.
 
Namun, pada kulit Anda, ia mati dengan cepat. Virus hanya akan bertahan lima menit di tangan Anda. Di bagian lain dari tubuh Anda, mungkin bertahan hingga 15 menit.
 
"Cara paling umum penyebaran virus flu adalah ketika tangan yang telah kontak dengan permukaan yang terkontaminasi mendekati wajah Anda," kata Papatya Tankut, RPh, selaku wakil presiden urusan farmasi di CVS Health.
 
Itulah sebabnya Anda harus sering mencuci tangan dengan sabun dan air atau pembersih berbasis alkohol atau hand sanitizer.
 
Mitos Penyakit Flu, Ternyata Sebagian Benar
(Flu dapat bertahan lebih lama dari yang Anda sadari. Bahayanya, tetesan bersin bisa terbang. Foto: Pexels.com)
 
(Baca juga: Sembuhkan Flu dan Pilek dengan Bahan Alami)
 
Mitos lain, jika Anda menunggu untuk mendapatkan suntikan atau obat flu, itu adalah ide yang sangat buruk. Memang benar bahwa Anda dapat membangun kekebalan alami terhadap flu.
 
Akan tetapi, jangan lakukan itu ketika Anda jatuh sakit karena virus flu bisa menyebar lebih dahsyat. Tanpa disadari, flu akan semakin parah. Maka, sebaiknya minumlah obat flu atau obat untuk memperkuat daya tahan tubuh Anda.
 
Kemudian, benar bahwa udara dingin bisa membuat Anda mual. Jika Anda sering kedinginan, Anda meningkatkan kemungkinan Anda terinfeksi. Namun, cuaca dingin tidak akan langsung membuat Anda sakit.
 
Sebab, secara fisiologis, tubuh Anda beradaptasi pada dingin dengan membiarkan selaput lendir Anda mengering. Lendir itu adalah mekanisme pertahanan yang hebat dengan mengeluarkan apapun dari tubuh yang tidak diinginkan di dalamnya.
 
Ketika mengering lendir itu mengering, Anda tidak memiliki perlindungan dan virus dapat masuk dengan mudah. Selain itu, ada mitos tentang manusia bisa sakit dari seseorang yang tidak dikenal.
 
Penjelasannya, ketika orang dengan flu bersin atau batuk, tetesan air mikroskopis masuk ke udara dan mereka dapat bersirkulasi selama berjam-jam sebelum menemukan jalan masuk ke hidung atau mulut Anda.
 
Ya, flu bisa menular sebelum gejalanya dimulai dari orang tersebut. Bahkan, Anda bisa membuat orang lain sakit saat Anda merasa baik-baik saja. Pasalnya, virus ini dapat menyebar di udara dalam jarak yang sangat dekat dengan seseorang yang sakit.
 
Sementara itu, aktivitas flu tertinggi terjadi pada bulan Desember dan Februari. Berhati-hatilah atau persiapkan diri Anda soal kerentanan penyebaran virus tersebut. Untuk mengantisipasinya, ketahuilah tanda pertama flu pada diri masing-masing.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif