5 Tanda Tubuh Kelebihan Hormon Estrogen
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Hormon merupakan komponen penting bagi tubuh. Namun, ketidakseimbangan hormon juga bisa mengganggu kesehatan. Salah satu yang terlihat jika ada ketidakseimbangan hormon estrogen.

"Produksi estrogen yang berlebihan berkaitan dengan risiko kesehatan dan perkembangan kanker pada wanita, premenopause, dan pascamenopause," ujar Dr Christopher S. Bryant, MD, FACOG, seorang ahli bedah onkologi dan ginekologi kepada Romper.

Berikut adalah tanda jika tubuh Anda terlalu banyak memproduksi estrogen.


1. Pendarahan vagina

Perdarahan vagina yang tidak biasa adalah salah satu tanda bahwa tubuh Anda mungkin berlebihan hormon estrogen. Faktanya, Bryant mengatakan bahwa "pendarahan vagina abnormal" adalah salah satu gejala paling umum dari terlalu banyak estrogen. Untuk lebih tepatnya, sangat dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

2. Kembung

Merasa lebih kembung daripada biasanya? Ada banyak alasan mengapa hal ini mungkin terjadi, tetapi salah satu yang mungkin tidak Anda pikirkan adalah ada semacam ketidakseimbangan hormon. Healthline melaporkan bahwa kembung dapat menjadi tanda bahwa ada kelebihan estrogen dalam tubuh Anda.

3. Siklus menstruasi yang tidak teratur

Jika siklus menstruasi Anda berhenti secara tiba-tiba, sebaiknya Anda berbicara dengan dokter Anda untuk mengetahuinya. Meskipun ada berbagai alasan mengapa periode mens Anda mungkin tidak teratur atau bahkan menghilang secara sementara, Bryant mengatakan bahwa ini dapat menjadi tanda kelebihan produksi estrogen.

4. Kenaikan berat badan

Jika Anda mengalami kenaikan berat badan, terutama di sekitar perut Anda itu bisa menjadi tanda lain bahwa tubuh Anda memproduksi terlalu banyak estrogen.

5. Breast tenderness

Bryant juga mencatat bahwa breast tenderness adalah tanda umum bahwa tubuh Anda mungkin memproduksi terlalu banyak estrogen. Jadi jika Anda berpikir bahwa rasa sakit pada payudara itu bukan masalah besar atau hanya sesuatu yang terjadi sebelum Anda menstruasi, itu mungkin saja pertanda dari apa yang tidak Anda pikirkan.





(DEV)