ilustrasi--pexels
ilustrasi--pexels

Apakah Diet Ayurvedic Bisa Menurunkan Berat Badan?

Rona gaya diet
Timi Trieska Dara • 02 November 2019 11:08
Jakarta: Pendekatan non-Barat pada kesehatan telah menjadi semakin populer, dari pijat dan meditasi ke akupunktur dan aromaterapi. Ketertarikan pada nutrisi untuk tujuan pencegahan dan terapetik juga telah meningkat.
 
Termasuk kesadaran akan praktik makan dari populasi sehat di seluruh dunia. Satu di antaranya yang ramai dibicarakan adalah diet Ayurvedic.
 
Diet Ayurvedic sudah ada selama ribuan tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dan didasarkan pada prinsip-prinsip pengobatan Ayurvedic. Fokusnya adalah menyeimbangkan berbagai energi di dalam tubuh, untuk mencapai sinergi yang lebih baik dan meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran.
 
Mengapa tipe tubuh Anda penting?
 
Jenis tubuh menentukan prinsip panduan makan. Menurut Ayurveda, ada 5 elemen yang membentuk alam semesta: vayu (udara), jala (air), akash (angkasa), teja (api), dan prithvi (bumi). Elemen-elemen ini diyakini membentuk 3 dosha yang berbeda, atau tipe tubuh, yang berhubungan dengan energi yang bersirkulasi di dalam tubuh. Sementara setiap orang mempertahankan karakteristik ketiga dosha, satu biasanya dominan:
 
Vata (angkasa dan udara): Vata mengontrol fungsi dasar tubuh, termasuk pikiran, pernapasan, aliran darah, dan pencernaan. Orang dengan dosha ini biasanya kurus dan energik. Ketika mereka tidak seimbang, mereka mungkin mengalami masalah dengan kesehatan pencernaan, kelelahan, penurunan berat badan, insomnia, atau kecemasan.
 
Pitta (api dan air): Dosha ini mengontrol metabolisme, hormon, dan pencernaan. Orang dengan pitta dosha sering kali memiliki tubuh sedang. Jika tidak seimbang, mereka mungkin berjuang dengan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, peradangan, atau kondisi pencernaan.
 
Kapha (air dan bumi): Dosha ini mengontrol kekebalan, pertumbuhan otot, dan kekuatan. Mereka yang memiliki kapha dosha biasanya memiliki kerangka yang lebih kuat. Jika mereka tidak seimbang, mereka mungkin mengalami masalah dengan manajemen berat badan, retensi cairan, diabetes, depresi, alergi, atau kesehatan paru-paru.
 
Dosha Anda menentukan makanan mana yang harus Anda makan dan hindari. Dan menurut praktik Ayurvedic, setelah Anda seimbang, Anda secara alami akan menginginkan makanan yang paling bermanfaat untuk menjaga kesehatan.
 
Apa yang harus dimakan untuk tipe tubuh Anda?
 
Diet Ayurvedic juga mengidentifikasi 6 rasa utama dengan efek yang jelas bermanfaat: manis, asam, asin, pedas, pahit, dan astringen. Memasukkan keenam rasa itu dalam makanan sehari-hari Anda dianjurkan, sehingga Anda secara konsisten merasa bergizi dan puas.
 
Keyakinannya adalah bahwa makan secara teratur hanya sedikit dari rasa ini dapat memicu keinginan akan makanan yang tidak sehat, atau membuat tubuh tidak seimbang. Misalnya, mengonsumsi rasa pedas, pahit, dan astringen membantu melawan rasa manis, asam, dan asin.
 
Ini dapat mengekang keinginan untuk makan berlebihan nantinya, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan, karena mereka merupakan karakteristik dari makanan cepat saji atau makanan olahan.
 
Mereka yang dominan vata harus meminimalkan makanan dingin dan mentah dan terlalu banyak kafein. Sebaliknya, mereka harus menyukai hidangan hangat yang lebih dominan dalam rasa manis, asin, dan asam.
 
Makanan manis, seperti biji-bijian, sayuran bertepung, dan madu, memiliki efek menenangkan pada tubuh. Makanan asin, termasuk garam dapur dan ikan asin, meningkatkan nafsu makan. Dan asam, ditemukan dalam jeruk, beri, dan makanan acar, membantu pencernaan.
 
Mereka yang memiliki dosha pitta harus mengurangi makanan panas dan pedas serta menghindari makanan beralkohol dan fermentasi. Sebaliknya mereka harus fokus pada makanan manis, pahit, dan astringen. Makanan pahit, termasuk sayuran berdaun hijau, brokoli, dan seledri, membantu detoksifikasi. Dan makanan astringen, seperti lentil, kacang-kacangan, apel hijau, dan delima, membantu menyeimbangkan pitta.
 
Orang dengan dosha kapha harus membatasi makanan yang asin atau berat, serta produk susu. Sebagai gantinya, mereka harus memprioritaskan rasa pedas, pahit, dan astringen. Pungent (rasa yang tajam), ditemukan dalam paprika, bawang putih, bawang merah, mustard, dan jahe, membantu membersihkan sinus dan meningkatkan keringat.
 
Bisakah diet Ayurvedic membantu penurunan berat badan?
 
Sementara beberapa penelitian telah dipublikasikan tentang hasil diet Ayurvedic, ada beberapa manfaat nyata. Dalam satu studi kecil yang memasangkan diet dengan praktik gaya hidup berbasis Ayurveda lainnya, termasuk yoga dan manajemen stres, partisipan rata-rata mengalami penurunan berat badan 13 pound selama periode 9 bulan.
 
Secara keseluruhan, diet ini menekankan seluruh makanan dan meminimalkan makanan olahan, sebuah pola yang meningkatkan asupan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan, dan dapat membantu mendukung manajemen berat badan. Satu studi menemukan bahwa peralihan dari makanan olahan ke makanan utuh tanpa mengurangi asupan kalori mengakibatkan peningkatan pembakaran kalori pasca makan hampir 50 persen.
 
Diet Ayurvedic juga mengandung banyak bumbu dan rempah-rempah.
 
Selain menjadi sumber antioksidan yang kaya, beberapa bumbu alami bertindak sebagai prebiotik — yang memberi makan bakteri usus bermanfaat yang terkait dengan anti-peradangan, kekebalan, dan suasana hati yang positif. Herbal dan rempah-rempah juga terbukti meningkatkan rasa kenyang. Dan beberapa, termasuk jahe dan cabai, diketahui dapat meningkatkan metabolisme.
 
Diet Ayurvedic dan makan
 
Ayurveda juga mempromosikan pola makan yang sadar, yang dapat menghasilkan lebih sedikit kalori secara alami sambil secara bersamaan merasa lebih puas. Dan gaya hidup mendorong kebiasaan sehat lainnya, termasuk menghabiskan waktu di alam, memprioritaskan tidur dan istirahat yang cukup, aktif secara fisik, dan lebih banyak tertawa. Tertawa telah terbukti menurunkan hormon stres, termasuk kortisol. Kelebihan kortisol telah dikaitkan dengan peningkatan lemak perut dan kekebalan yang melemah.
 
Namun, ini hanya gambaran singkat dari diet Ayurvedic. Konsultasi dengan ahli gizi terdaftar yang terlatih dalam praktik ini akan memberikan rekomendasi yang lebih mendalam dan khusus. Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut dengan menjelajahi buku masak yang mencakup pengenalan prinsip-prinsip diet, bersama dengan resep lezat.
 
Intinya: jika Anda tidak merangkul semua penyedia diet Ayurvedic, mengonsumsi makanan utuh dalam keseimbangan yang bijaksana, dan menggabungkan nutrisi dengan perilaku lain yang berfokus pada kesehatan, meletakkan dasar untuk hidup sehat dan berkelanjutan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif