Jika Anda mengalami mual dan muntah bersamaan dengan rasa sakit di bagian atas tubuh, maka inilah saatnya untuk segera bergegas ke rumah sakit. (Foto: Pexels.com)
Jika Anda mengalami mual dan muntah bersamaan dengan rasa sakit di bagian atas tubuh, maka inilah saatnya untuk segera bergegas ke rumah sakit. (Foto: Pexels.com)

Mendeteksi Gejala Jantung pada Perempuan

Rona kesehatan jantung
Dhaifurrakhman Abas • 23 Mei 2019 17:05
Seperti dikutip dari Kemenkes, di Indonesia penyakit jantung dan pembuluh darah ini terus meningkat dan akan memberikan beban kesakitan, kecacatan dan beban sosial ekonomi bagi keluarga penderita, masyarakat, dan negara. Dari kematian dini akibat penyakit jantung pembuluh darah, dapat dihindari jika empat faktor risiko utama yaitu merokok, diet yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik dan konsumsi alkohol dapat dikendalikan.
 

 
Jakarta: Anda mungkin akan direkomendasikan segera mengecek kesehatan jantung apabila merasa nyeri di bagian dada. Hal ini karena nyeri dada merupakan gejala penyakit jantung paling umum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun tampaknya, seseorang yang mengalami penyakit jantung tidak melulu menderita nyeri dada. Biasanya kasus seperti ini terjadi pada penderita penyakit jantung berjenis kelamin perempuan.
 
Meski begitu, bukan berarti gejala penyakit jantung pada perempuan tidak bisa dideteksi sama sekali. Anda bisa mencurigai diri jika mengalami beberapa masalah kardiovaskular berikut ini.

1. Tekanan di dada

Ini adalah tanda umum serangan jantung pada perempuan. Jika Anda merasakan tekanan dan sesak di sekitar dada, mintalah bantuan. Nyeri dapat terjadi di bagian dada mana pun, tidak melulu di jantung bagian tengah. Sehingga Anda dianjurkan jangan mengabaikan situasi hanya karena rasa sakit tidak berada di dekat jantung.

2. Kesulitan bernapas

Kegelisahan dan kesulitan bernapas merupakan gejala serangan jantung lain yang bisa diprediksi perempuan. Jika Anda tidak dapat mengatur napas dan sulit bergerak, maka itu adalah indikator bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan jantung Anda.
 
Mendeteksi Gejala Jantung pada Perempuan
(Jika Anda mengalami mual dan muntah bersamaan dengan rasa sakit di bagian atas tubuh, maka inilah saatnya untuk segera bergegas ke rumah sakit. Foto: Pexels.com)

3. Berkeringat

Berkeringat pada hari yang cerah atau karena latihan yang intens merupakan hal yang normal. Akan tetapi jika Anda berkeringat tanpa sebab dan terjadi secara acak, Anda harus segera menghubungi seseorang untuk meminta bantuan.
 
Berkeringat dengan jumlah banyak dan terjadi secara tiba-tiba bisa menjadi tanda bahwa tubuh mengalami masalah kardiovaskular. Segera kunjungi pusat medis, karena mengabaikan hal ini bisa berbahaya bagi Anda.

4. Nyeri di kedua lengan

Rasa sakit gejala penyakit jantung tidak selalu terasa di area dada. Kadang-kadang bahkan bisa di lengan kiri atau kanan, atau bahkan di perut bagian atas. Penting untuk dicatat bahwa semua jenis rasa sakit di atas pinggang bisa disebabkan oleh masalah jantung. Rasa sakitnya bisa tidak teratur dan terjadi secara intens.

5. Pusing

Mual dan muntah juga merupakan gejala penyakit jantung yang umum terjadi pada perempuan. Tanda-tanda ini sering diabaikan karena gejalanya mirip dengan keracunan makanan atau masalah pencernaan. Tetapi jika Anda mengalami mual dan muntah bersamaan dengan rasa sakit di bagian atas tubuh, maka inilah saatnya untuk segera bergegas ke rumah sakit.

6. Kelelahan

Tentu Anda tahu bagaimana rasanya kelelahan yang terjadi setelah olahraga maupun demam. Tetapi pada masalah jantung kelelahan yang terjadi begitu berlebihan. Anda bahkan merasa kewalahan dan tidak dapat melakukan aktivitas lain.
 
Segera kunjungi Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, Poliklinik Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Setia Mitra, atau DR.Dr.Ismoyo Sunu,SpJP(K) - CLINIC 18- Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah jika mengalami hal tersebut di atas.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif