banner
5 Cara Mudah Mengatasi Telinga Berdengung
Ilustrasi. Shutterstock
Jakarta: Telinga berdengung atau tinnitus merupakan masalah yang umum dialami satu dari lima orang di seluruh dunia. Kondisi ini tidak berbahaya, tetapi cukup mengganggu.

Bila Anda terganggu tinnitus, ada beberapa cara alami yang cukup efektif untuk mengatasinya:

1. Pakai earphone dan dengarkan musik


Pasanglah earphone pada telinga dan mainkan musik yang paling Anda sukai. Ini akan menyingkirkan suara dengung di telinga dengan cepat. Cara ini juga baik untuk menyembuhkan efek samping innitus seperti susah tidur dan tidak fokus pada pekerjaan Anda.

2. Jauhi suara keras

Suara di bawah frekuensi 75 desibel tidak menyebabkan tinnitus. Bila Anda tinggal di dekat stasiun kereta api, atau bekerja berhadapan dengan mesin yang keras, sebaiknya menggunakan earbud.

3. Jangan gunakan cotton bud untuk membersihkan telinga

Membersihkan telinga dengan cotton bud sebenarnya tidak baik untuk telinga, karena earwax (serumen) di dalamnya akan melindungi saluran telinga dari debu, kotoran, dan serangga.

Cotton bud juga tidak baik, karena akan mendorong earwax makin dekat dengan gendang telinga, ini akan memperparah suara dengung. Sehingga bila Anda memiliki terlalu banyak kotoran di dalam telinga, akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Disarankan Anda ke THT untuk membersihkannya.

4. Periksa tekanan darah

Pada beberapa kasus, tinnitus bisa disebabkan karena tekanan darah tinggi. Hal ini terjadi karena telinga mendapat banyak suplai pembuluh darah dan ketika darah mengalir deras atau tekanan tinggi, akan menghasilkan suara menderu.

Maka, bila sering mengalami telinga berdengung dan mengganggu, segera konsultasikan ke dokter dan periksa tekanan darah Anda.

5. Gingko biloba

Ramuan ini adalah obat alami terbaik mengusir tinnitus karena dapat memperbaiki sirkulasi darah. Gunakan ekstrak gingko biloba 30-60 mg empat kali sehari selama enam minggu dapat membantu Anda menyembuhkan telinga berdengung.

Namun, perlu diperhatikan bila Anda telah menggunakan obat lain, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat herbal ini.



(TRK)