Yang terpenting adalah Anda mengenali tubuh Anda. Pagi, siang, sore, malam tidak akan jadi masalah jika Anda sensitif dengan tubuh Anda. (Foto Ilustarsi: Leonardo Quatroc/Pexels)
Yang terpenting adalah Anda mengenali tubuh Anda. Pagi, siang, sore, malam tidak akan jadi masalah jika Anda sensitif dengan tubuh Anda. (Foto Ilustarsi: Leonardo Quatroc/Pexels)

Ini Waktu Terbaik Workout

Rona fitness
Kumara Anggita • 19 Mei 2019 10:28
Jakarta: Workout dapat menurunkan berat badan Anda dan tentunya membuat tubuh Anda sehat. Ini dapat mengurangi Anda terkena penyakit jantung dan kanker.
 
Namun sedihnya tak semua orang sempat untuk melakukannya. Bagi beberapa orang yang sibuk, mereka menyempatkannya dengan melakukan pada malam hari. Apakah ini baik jika dilakukan terus menerus?
 
Melansir dari Live Strong, berikut fakta-fakta mengenai workout pada malam hari:

-Tentukan Ritme Sirkadian

Performa atletik bisa Anda variasikan sesuai degan waktu yang Anda mau. Ini karena peran dari ritme sirkadian tubuh. Ritme ini menentukan pola fisik, prilaku, suasana hati, metabolisme, dan suhu tubuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Biasanya, fungsi kerja paru-paru terbaik terjadi pada waktu sore. Namun mengingat ritme sirkadian orang berbeda-beda, ini artinya bisa juga bekerja dengan baik saat larut malam.

-Suhu tubuh sangatlah penting

Menurut American Council of Sports Medicine latihan akan lebih mantap saat tubuh Anda dalam suhu yang tinggi. Umumnya, suhu badan Anda lagi tinggi-tingginya saat jam dua siang hingga enam sore.
 
Saat ini pula otot jadi lebih fleksibel dan Anda sedang kuat-kuatnya. Reaksi lebih cepat, tekanan darah rendah, denyut jantung sedang istirahat. Karena itu, bagusnya Anda workout pada sore hari.
 
Di sisi lain, laki-laki bisa saja memiliki hasil yang bagus ketika mereka latihan beban saat pagi hari, karena kadar testosteron sedang ada di puncaknya.

-Workout malam dapat memengaruhi tidur

Untuk beberapa orang, workout malam-malam bisa membuat insomnia. Jika Anda salah satunya, Anda bisa workout ringan saja atau sedang. Luangkan waktu setidaknya tiga hingga lima menit pada akhir latihan untuk bergerak dengan kecepatan yang jauh lebih lambat.
 
Bagian perlambatan latihan Anda ini mengatur detak jantung, pernapasan, dan kadar hormon Anda. Dan jangan lewatkan peregangan pasca-latihan itu. Peregangan mengendurkan otot-otot sehingga meningkatkan sirkulasi dan membantu tubuh Anda rileks untuk tidur.

-Ikuti insting

American Council on Exercise menyatakan bahwa mayoritas orang cenderung lebih tertarik workout pada pagi hari. Namun, ada pula orang-orang yang menikmati aktivitas saat malam hari. Jika Anda adalah tipe yang seperti itu, maka olahraga pada malam hari adalah pilihan yang terbaik untuk Anda.

-Bereksperimen

Jangan takut untuk mencoba-coba apa yang cocok dengan Anda. Pertimbangkan untuk mempertahankan jurnal olahraga, makanan, dan tidur. Catat waktu Anda berolahraga, jenis latihan yang Anda lakukan, intensitas, dan durasi. Dengan melakukan itu, Anda akan bisa menyesuaikan kebiasaan Anda untuk meningkatkan pelatihan atau kualitas tidur Anda.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif