FITNESS & HEALTH

Meriahkan Hari Kesehatan Nasional dengan Aktif Berolahraga

A. Firdaus
Jumat 13 November 2020 / 15:18
Jakarta: Masih dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional 2020, yang jatuh pada 12 November 2020, Zumba Fitness dan STRONG Nation mengajak masyarakat Indonesia untuk terus aktif berolahraga.

Ajakan ini tak lepas dari fakta yang dilampirkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) 2015. Data itu menjabarkan bahwa hanya 27,61 persen masyarakat Indonesia yang rutin melakukan aktivitas fisik.

Untuk memenuhi misi tersebut dan menjaga kesehatan serta meningkatkan kualitas hidup orang, kedua program olahraga favorit ini menyelenggarakan kampanye di media sosial. Acara tersebut berlangsung dari 12 hingga 19 November 2020.

“Aku berharap dengan semakin banyak masyarakat yang berpartisipasi dalam kampanye ini akan meningkatkan kesadaran untuk berolahraga. Mari kita berikan makna positif bagi Hari Kesehatan Nasional dengan memperbanyak aktivitas fisik yang sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh,” ujar Denada Tambunan, Brand Ambassador dan Instruktur Zumba Fitness.


Brand Ambassador dan Instruktur Zumba Fitness. (Foto: Dok. Occam)

Di media sosial, Zumba Fitness melakukan kampanye dengan mengajak penggemar #MenariSeirama, dan bercerita bagaimana olahraga ini memberikan perubahan positif dalam hidup mereka.

Secara bersamaan STRONG Nation mengajak para penggemarnya #BergerakLebihKuat, dengan membagikan video yang menceritakan, bagaimana olahraga ini menjadikan mereka lebih sehat dan kuat. Sekaligus dapat menunjukkan gerakan favorit mereka.

"Zumba Fitness dan STRONG Nation merupakan dua program olahraga yang berbeda. Zumba Fitness merupakan olahraga yang mengombinasikan tarian dengan gerakan aerobik yang diiringi musik. Sedangkan aku, lebih fokus terhadap program STRONG Nation yang merupakan kelas latihan berintesitas tinggi atau HIIT," ujar Brand Ambassador dan Instruktur STRONG Nation, Cut Memey.


Brand Ambassador dan Instruktur STRONG Nation, Cut Memey. (Foto: Dok. Occam)

"Di olahraga ini juga diiringi musik yang menggabungkan berat badan, pengondisian otot, kardio, dan gerakan plyometrik," sambungnya.

Ditilik dari sisi kesehatan, kedua olahraga ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Aktif berolahraga dapat menurunkan berat badan, mengencangkan dan membentuk otot, serta membakar kalori berlebih.

Berolahraga juga bermanfaat pada metabolisme yang bisa memperlambat proses penuaan tubuh dan juga meningkatkan kesehatan jantung.

“Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, berolahraga juga memberikan dampak positif pada kesehatan jiwa kita karena bisa menghilangkan stress, meningkatkan koordinasi tubuh, dan menjadikan kita bahagia,” ujar dr. Gusti Rizky Teguh Ryanto, MD, PhD.
(FIR)

MOST SEARCH