Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

Bercocok Tanam Bisa Turunkan Stres

Rona tanaman stres
Raka Lestari • 20 Agustus 2020 07:15
Jakarta: Selama masa pandemi covid-19, banyak orang yang melakukan berbagai kegiatan untuk mengisi waktu luang selama di rumah. Dan, salah satu kegiatan yang cukup banyak dipilih adalah bercocok tanaman, baik di dalam rumah maupun di luar rumah.
 
Memang, merawat tanaman ini memiliki efek menurunkan tingkat stres seseorang. Jesse Radloff, seorang konselor kesehatan mental berlisensi di Orlando Health South Seminole Hospital, membenarkan hal itu.
 
"Tanaman dapat memberikan efek positif pada kesejahteraan kita. Ada beberapa penelitian mengenai manfaat memelihara tanaman,” kata Radloff.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penelitian menemukan bahwa, orang-orang berada dalam ruangan dengan ada tanaman, berkurang rasa stresnya dan lebih bahagia. Tingkat kortisol (hormon stres) mereka juga jauh lebih rendah daripada mereka yang berada dalam ruangan tanpa ada tanaman.
 
Radloff juga mencatat bahwa dengan menanam tanaman, bisa menjadi terapi holtikultura. Yaitu terapi yang melibatkan perawatan tanaman dalam ruangan untuk meningkatkan suasana hati, motivasi, level stres, dan perasaan keberhasilan diri.
 
Dan tanaman yang dipilih pun tidak harus selalu tanaman hias. Menurut Pamela Bennett, asisten profesor di The Ohio State University, pengajar hortikultura, sekaligus direktur untuk OSU Extension, mengatakan bahwa tanaman hias tidak selalu begitu menarik.
 
“Jika Anda baru memulai untuk merawat suatu tanaman, sebaiknya memilih tanaman yang mudah dirawat seperti lidah mertua, sirih gading, philodendron, atau dracaena, yang merupakan tanaman dengan tingkat kesulitan yang cukup rendah,” saran Bennett.
 
Jika Anda lebih suka tanaman yang memiliki bunga, pastikan tidak memiliki riwayat alergi. Bisa juga melakukan konsultasi terlebih dahulu agar tanaman yang Anda pilih tidak mengganggu atau menyebabkan reaksi apapun.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif